Kapal Pesiar Keempat Singgah di Sabang, Bawa 900 Turis

Kapal pesiar MS Albatros berbendera Bahamas/Nasau dengan 900 turis singgah di Sabang, Aceh. Ini kapal pesiar keempat yang singgah di sana selama 2019.

Kapal pesiar MS singgah di Pelabuhan CT-3 Sabang pada Kamis (11/4/2019) kemarin. Begitu tiba, wisatawan disambut dengan tari tradisional Aceh. Selama ujung barat Indonesia, wisatawan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata bahari dan heritage.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sabang, Faisal, mengatakan, kapal pesiar yang bertolak dari Langkawi, Malaysia itu sandar selama delapan jam di Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS). Kunjungan kapal pesiar berdampak pada ekonomi masyarakat khususnya pelaku industri pariwisata.

“Syukur Alhamdulillah kunjungan kapal pesiar ke Sabang terus meningkat dan Pemerintah Kota Sabang bersama BPKS terus melakukan promosi potensi wisata bahari ke mancanegara guna meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Faisal dalam keterangan tertulis yang diterima detikTravel, Jumat (12/4/2019).

Beberapa objek wisata yang dikunjungi para turis dari berbagai negara itu di antaranya pasir putih di Iboih dan Sumur Tiga, serta wisata sejarah seperti benteng-bentang Jepang. Selain itu, para turis ini juga membelikan suvenir khas Sabang untuk dibawa pulang.

Faisal menjelaskan, selaam Kanuari hingga April 2019, sebanyak empat kapal pesiar sudah sandar di Sabang. Keempat kapal tersebut yakni, MS Seabourn Soujourn, MS Seven Saes Mariner dan MS Silver Discoverer serta MS Albatros.

“Sebanyak lima kapal pesiar lainnya yakni, MS Europa, MS Azamara Quest, MS Seabourn Encore, MS Boudicca, Marella Discovery dan MS Seabourn Ovation juga sudah mengkonfirmasi akan melakukan kunjungan wisata ke Sabang pada 2019,” jelas Faisal.

Sementara itu, Wakil Kepala BPKS Sabang, Islamuddin, mengatakan, kunjungan kapal pasiar dari mancanegara ke Sabang, pada tahun 2018 sebanyak 6 kapal dan sepanjang 2017 ada 3 kapal. Rata-rata, kapal tersebut singgah selama delapan jam.

“Kapal MS Albatros berbendera Bahamas yang singgah ke Sabang, kemarin membawa penumpang 900 orang. Dari Sabang kapal berlayar menuju Colombo,” kata jelas Islamuddi. detik

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads