BkkbN Aceh Beri Layanan KB Gratis di Perbatasan Aceh-Sumut

BkkbN Aceh menggelar layanan KB (Keluarga Berencana) dan papsmer dengan metode Iva gratis kepada masyarakat. Layanan ini diberikan dalam rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 Tahun 2018 Tingkat Provinsi Aceh yang akan berlangsung pada Minggu (2/9/2018) mendatang di Lapangan Merdeka, Kota Langsa.

Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Sahidal Kastri, yang didampingi Kabid KB-KR, M. Razali di Langsa, Jumat (31/8/2018) mengatakan, pelayanan KB gratis di daerah perbatasan Aceh-Sumatera Utara, telah berlangsung pada Kamis (30/8/2018) kemarin. Sedangkan Papsmer dengan metode Iva berlangsung hari ini di Puskesmas Langsa Barat dengan jumlah ibu rumah tangga sekitar 100 orang.

Adapun pelayanan KB gratis berlangsung di Kecamatan Seumadam, Kabupaten Aceh Tamiang dan Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat. Kegiatan ini, kata Sahidal, kerjasama BkkbN Aceh dengan Perwakilan BkkbN Sumut dalam memberi pelayanan KB gratis kepada masyarakat di daerah perbatasan kedua provinsi tersebut.

“Ini terobosan baru pelayanan yang kita berikan, sempena peringatan Harganas Tingkat Provinsi Aceh. Ada rangkaian kegiatan lainnya seperti hari ini pelayanan papsmer dengan metode Iva yang dilakukan di Puskesmas Langsa Barat. Kita berharap pelayanan kesehatan khusus bagi kaum ibu jni dapat bemanfaat dan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat tentang kesehatan reproduksi ,” ujar Sahidal.

Lanjut Sahidal pada kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BkkbN Sumut, Temazaro Zega, Pasiterdim 0117/Aceh Tamiang Kapt.inf. Abidin, Kanit Binmas Polsek Besitang Aiptu. Wasman, OPD KB Kab. Langkat, OPD KB Aceh Tamiang, Camat Besitang, dan Camat Seumedam.

Sementara itu, M. Razali menambahkan, pada kegiatan pelayanan KB MKJP (Metode Korasepsi Jangka Panjang) gratis di wilayah perbatasan Aceh-Sumut terjaring Aseptor sebanyak 53 orang dengan rincian IUD sebanhak 23 dan Implant 30.

“Kalau untuk pelayanan papsmer metode Iva hari ini di Puskesmas Langsa Barat ada sekitar 100 ibu rumah tangga yang terlayani,” demikian sebut Razali.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads