BkkbN Bekali Mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry

Sekretaris Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN), Nofrijal, memberi kuliah umum bagi sekitar 600 mahasiswa KPM (Kuliah Pengabdian Masyarakat) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh pada kegiatan Implementasi Pendidikan Kependudukan Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang digelar di Auditorium setempat pada Kamis (19/04/2018).

Turut hadir, Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Sahidal Kastri, beserta pejabat administrator dijajarannya, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim, MA dan para dosen.

Dalam pemaparannya Nofrijal menyebutkan pentingnya pembangunan yang berwawasan kependudukan, dengan melibatkan masyarakat sebagai objek dan subjek dari pembangunan itu sendiri.

Selain itu, Sekretaris Utama yang juga merupakan Plt Deputi Pengendalian Penduduk menyingung, tentang program Generasi Berencana (GenRe) yaitu Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), seks pra nikah atau perilaku seksual penyimpang, kesehatan reproduksi remaja, serta tentang program Kampung KB.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BkkbN Provinsi Aceh, Sahidal Kastri, menyebutkan dalam rangka pelaksanaan sinkronisasi kebijakan pengendalian kuantitas penduduk, pemerintah menetapkan program dan kegiatan penyelenggaraan pengendalian kuantitas penduduk yang salah satunya melalui kerja sama pendidikan kependudukan.

“Pendidikan kependudukan adalah upaya terencana dan sistematis untuk membantu mahasiswa agar memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran tentang kondisi kependudukan sehingga diharapkan mahasiswa memiliki kualitas hidup generasi sekarang dan mendatang,” kata Sahidal.

Lebih lanjut kata Sahidal, pelaksanaan pendidikan kependudukan dilakukan melalui jalur pendidikan formal,non formal, serta informal. Pendidikan kependudukan melalui jalur formal, jelas Sahidal, sangat potensial untuk dikembangkan, maka itu BkkbN dengan UIN Ar-Raniry telah lama melakukan MoU tentang Program KKBPK di kampus tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads