Aceh 100 Persen Siap Gelar Ujian Nasional Berbasis Komputer

Dinas Pendidin Aceh menyatakan, sebanyak 23 kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh 100 persen sudah siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan berlangsung dari, 2 sampai dengan 12 April 2018.

“Untuk jenjang SMA/MA dan SMK sederajat 100 persen akan berlangsung berbasis komputer atau Ujian Nasional Berbasis komputer (UNBK),” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh melalui Sekretaris Ujian Nasional (UN) Dinas Pendidikan Aceh Drs. Zulkarnaini, Senin di Banda Aceh.

“Dan pelaksanaan UN di SMK sederajat akan berlangsung dari, 2 hingga 5 April 2018 dan SMA/MA sederajat akan berlangsung dari, 9 hingga 12 April 2018,” tambah Zulkarnaini.

Dia mengakui, Dinas Pendidikan Aceh telah melakukan sosialisasi pelaksanaan UN dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) ke seluruh Kabupaten/Kota di provinsi paling ujung barat Sumatera.

“Dalam rangka mengsukseskan UN dan USBN Disdik Aceh sudah melakukan melakukan sosialisasi ke semua sekolah di 23 Kabupaten/Kota seluruh Aceh,” akuinya.

Menurutnya, Dinas Pendidikan Aceh maupun Kementerian Agama Aceh secara umum sudah siap untuk melaksanakan UN dan USBN.
“Kita sudah melakukan berbagai kesiapan untuk melaksanakan UN dan USBN, salah satu untuk mengsukseskan agenda tahunan ini perlu dilakukan sosialisasi ke seluruh Kabupaten/Kota dan ini sudah kami lakukan,” ujar Zulkarnaini.

Dia juga menyatakan, pemerintah telah menentapkan hasil UN tidak lagi menentukan kelulusan seorang siswa, namun nilai maupun hasil akhir UN tersebut merjadi salah satu barometer kesuksesan masa depan generasi sebagai penerus bangsa.

“Ada empat poin kriteria kelulusan yaitu, menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap atau prilaku minimal baik, mengikuti UN dan dinyatakan lulus USBN sesuai kriteria yang di tetapkan satuan pendidikan,” papar Sekretaris UN Dinas Pendidikan Aceh. Antara

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads