Bachtiar Aly : Jangan Biarkan Guru Perjuangkan Nasibnya Sendiri ke Pusat

Anggota DPR RI asal Aceh Prof. Bachtiar Aly mengingatkan agar pemerintah Aceh tidak selamanya berharap dana dari pemerintah pusat untuk menjalankan program-programnya.

Pasalnya pemerintah Aceh memiliki cukup banyak dana-dana untuk menangani hal-hal seperti kesejahtraan guru.

“Dari pada dana yang sudah tersebut dikembalikan lagi ke pusat, sebaiknya digunakan untuk kesejahtraan untuk guru-guru kita, nah ini butuh pendekatan politis, dan itu harus dilakukan oleh DPRA,”ujar Bachtiar Aly pada kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI kepada ratusan guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Aceh di sekolah SMK SMTI Banda Aceh, Senin (11/12).

Ia menyarankan kepada pemerintah Aceh dan DPR Aceh untuk memberikan prioritas kepada kesejahtraan guru, apalagi Aceh sebagai daerah otonomi bisa mengatur hal tersebut melalui qanun-qanun Aceh.

Menurutnya, keberadaan guru harus ditata kembali dengan sinergisitas stakeholder di daerah ini. oleh karena itu, Bachtiar berharap Gubernur Aceh dan DPR Aceh untuk memberikan perhatian khusus kepada guru.

“Jadi jangan biarkan mereka memperjuangkan haknya sendiri ke pusat, di pusat bukan hanya melayani orang Aceh, tapi seluruh Indonesia. Tapi di daerah ini kan pantas kalau warganya diberikan prioritas,”ujarnya.

Sementara terkait sosialisasi empat Pilar kepada kalangan guru diakuinya hal itu agar kemudian dapat diteruskan kepada peserta didik dan lingkungan tempat mereka tinggal.

Kesempatan itu kata Bachtiar juga digunuakan untuk menangkap aspirasi dari kalangan guru di provinsi Aceh. Menurutnya, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus memberikan perhatian khusus kepada guru.

“Terlepas dari pembangunan infrastruktur, tapi saya rasa nasib guru ini tidak boleh sambil lalu, tapi harus lebih lagi, karena ada dana-dana yang seharusnya bisa ditangani pemerintah Aceh,”lanjutnya lagi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads