Pemerintah Minta Daging Dijual Dibawah 130 Ribu/Kg

Tim gabungan yang terdiri dari Pemerintah Aceh, Direskrimsus Polda Aceh, BI Perwakilan Aceh dan Bulog Divisi Regional Aceh melakukan sidak harga barang kesejumlah pasar di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Sidak tersebut turut dihadiri oleh Direskrimsus Polda Aceh Kombes Pol. Armensyah Thay, Kepala BI Perwakilan Aceh Ahmad Farid, Kepala Bulog Divre Aceh Fatah Yasin, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Aceh, Syaiba Ibrahim, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin, serta sejumlah kepala SKPA terkait.

Tim memulai sidak dari pasar Lambaro Aceh Besar, dilanjutkan ke Gudang Bulog di Ingin jaya Aceh Besar, kemudian Gudang gula Kande Agung serta Pasar Modern Suzuya di Banda Aceh.

“Gubernur meminta dinas terkait untuk memastikan harga daging pada hari Meugang Puasa 1438 H tidak mahal, dan dijual di bawah Rp. 130.00 perkilogram,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin, di sela-sela sidak pasar daging Lambaro Aceh Besar, Senin (22/05).

Menurut Mulyadi Nurdin, Gubernur Aceh juga sudah meminta agar dinas terkait mengontrol harga daging di pasar serta memastikan stok cukup tersedia, mengingat kebutuhan daging sapi pada hari meugang cukup tinggi.

“Gubernur berharap harga daging dijual di bawah Rp 130.000 perkilogram, jangan sampai seperti meugang sebelumnya harga daging bisa mencapai Rp 170.000 perkilogram, kasihan masyarakat yang ingin makan daging di hari meugang, kepada pedagang dihimbau jangan menaikkan harga di atas harga wajar” ujar Mulyadi Nurdin.

Senada dengan Mulyadi Nurdin, Kepala disperindag Aceh Asmauddin mengharapkan agar daging pada meugang ini dijual 125.000 perkilogram atau paling tinggi 130.000 kilogram. Dan menurutnya, pihak kepolisian juga sudah melakukan rapat dengan para penjual daging agar daging dijual sesuai dengan intruksi dari pemerintah. Khusus daging sapi beku dijual dengan harga 80 ribu perkilogram.

“Dan kita bersama dinas peternakan sudah diperintahkan Gubernur, kalau mereka tidak mau menjual harga 125.000-130.000, maka kita juga akan minta pedagang lain untuk menjual 125.000 dan pemerintah yang menyiapkan sapinya sehingga harga bisa stabil,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Peternakan Aceh Zulya Zaini mengatakan persediaan sapi dan kerbau untuk meugang ramadhan tahun ini mencukupi, yaitu masing-masing, sapi sebanyak 19.903 ekor dan kerbau sebanyak 13.321 ekor.

Zulya Zaini juga mengakui akan menurunkan tim untuk memeriksakan kesehatan hewan ternak menjelang hari meugang sehingga sapi-sapi yang akan disembelih terjamin kesehatannya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads