Terbanyak Dalam Sejarah, UIN Ar-Raniry Wisuda 21 Doktor

Farid Wajdi Ibrahim, Rektor IAIN Ar-Raniry

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menyelenggarakan wisuda terhadap 21 lulusan program Doktor dan 122 lulusan program Magister tahun 2017.

Turut diwisuda 705 Sarjana dari berbagai Fakultas, 37 Ahli Madya (D-3) Perbankan Syari’ah dan 11 orang lulusan program D-3 Ilmu Perpustakaan.

Proses wisuda berlangsung di gedung Auditorium Ali Hasyimi kampus tersebut , Selasa, (28/2).

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr H. Farid Wajdi Ibrahim, MA mengatakan banyaknya lulusan doktor dan master tidak terlepas dari ancaman pihak kampus yang akan melakukan sanksi Drop Out (DO) kepada para mahasiswa yang tidak segera menyelesaikan proses perkuliahannya.

“Ada edaran dari kampus yang meminta mereka untuk menyelesaikan, dan terancam DO, ini karena tidak ada dorongan, karena setelah tamat tidak tau kemana,”ujarnya.

Selain itu Farid menyebutkan wisudawan tahun ini masih produk dari IAIN, belum adanya penambahan lulusan dari fakultas-fakultas baru terbentuk semenjak IAIN berubah menjadi UIN.

“Ini belum sembilan Fakultas, tapi masih lima fakultas tambah dari pasca satu. Mungkin kedepan ini akan lebih banyak yang diwisuda karena sudah ada lulusan dari fakultas yang baru,”ujarnya

Sementara itu, wakil Rektor UIN Ar-Raniry bidang Akademik dan Kelembagaan , Dr Muhibuthabry, M. Ag mengatakan, proses pendidikan yang diselenggarakan UIN Ar-Raniry semester ganjil tahun akademik 2016/2017 telah menghasilkan lulusan-lulusan yang handal yang menjadi kebanggaan kita semua.

“Dengan bertambahnya wisudawan dan wisudawati hari ini, maka sampai saat ini UIN Ar-Raniry telah menghasilkan 66 orang Doktor Agama Islam (S-3), 1.284 orang Magister Agama Islam (S-2), 26.275 Sarjana, 632 orang Ahli Madya (D-3) dalam bidang Ilmu Perbankan Syari’ah, 734 orang Ahli Madya Ilmu Perpustakaan, dan 2.377 orang Ahli Muda Diploma Dua Prodi GPAI dan PGMI, “ ujar  Muhibuthabry.

Muhibuthabry menambahkan, pada wisuda semester ganjil 2016/2017 ini, jumlah wisudawati lebih banyak dibandingkan jumlah wisudawan dengan perbandingan perempuan adalah 558 orang dan Laki-laki 339 orang.

Selain itu, pada wisuda ini, UIN Ar-Raniry juga memberikan penghargaan bagi 25 mahasiswa dan mahasiswi yang mampu meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi mewakili  prodi masing-masing.