Pangdam Keliling TPS Pastikan Keamanan Pilkada

Panglima Kodam (Pangdam) Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Tatang Sulaiman meninjau beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Banda Aceh untuk memastikan situasi keamanan. Ia datang ditemani unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh.

Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda, Letkol Kav Rusdi, mengatakan, Pangdam sengaja turun langsung untuk memastikan keamanan pada hari pemungutan suara. Ada lima TPS yang disambanginya bersama pejabat-pejabat di Aceh.

“Kunjungan ini untuk mengecek keamanan jalannya pemungutan suara,” kata Rusdi dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (15/2/2017).

Ikut dalam rombongan tersebut di antaranya Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Daniel Cardin juga Wakapolda Aceh Brigjen Pol, Bambang Soetjahyo. Selain itu ada pula Ketua Kejaksaan Tinggi Aceh, Raja Nafrizal, Jaksa Utama Madya, Kabinda Aceh Brigjen TNI Ruruh, Kepala Korp Polairud Brigjen Pol. M. Chairul Nur Alamsyah,Sekda dan Ketua KIP Ridwan Hamid serta pejabat tinggi Kodam Iskandar Muda.

Lima TPS yang dikunjungi Pangdam yaitu TPS Barata Kampung Baru, TPS 01-03 Blang Oi, Kecamatan Meuraxa, TPS SMP 9 Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, TPS SMA 5 Kopelma Darussalam, dan TPS Desa Rukoh, Kecamatan Syiah Kuala, Semua TPS tersebut bertempat di wilayah Banda Aceh.

“Kami melihat pelaksanaan berjalan lancar, tenang, penuh keceriaan dan antusias dari masyarakat, termasuk petugas penyelenggara,” jelas Rusdi.

Untuk membantu mengamankan jalannya Pilkada Aceh, Pangdam IM telah mengerahkan 7.327 personel TNI. Jumlah tersebut dibagi menjadi pasukan BKO ke Polda 1.845 personel, pasukan di bawah kendali Panglima Kodam IM 1.645 personel, pasukan cadangan 1.500 personel dan Pasukan satkowil 2.337 personel.

Jumlah kekuatan personel yang dipersiapkan untuk membantu pengamanan proses berlangsungnya Pilkada hari ini juga diperkuat dengan dua Helikopter jenis MI 17 dan Bell 412, ditambah dengan 12 Unit Anoa yang dipersiapkan untuk situasi kontijensi.

DETIK.COM

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads