Tinjau Gempa Aceh, Jokowi: Minggu Depan Semuanya Harus Bersih

Presiden Joko Widodo tiba di pendopo gubernur Aceh Senin pagi

Presiden Jokowi mendatangi lokasi gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh. Jokowi memastikan pembenahan lokasi yang terdampak gempa akan dilakukan sesegera mungkin.

“Saya sudah perintahkan, minggu depan semuanya harus bersih. Dan segera dimulai pembangunan, terutama untuk sekolah,” kata Jokowi di Pidie Jaya, Aceh, Kamis (15/12/2016).

Jokowi menyampaikan itu dalam acara peletakan batu pertama pembangunan ulang Masjid At-Taqarrub di Desa Keude Trienggadeng, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya, Aceh. Menko PMK Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensos Khofifah Indar Parawansa, sejumlah tokoh agama dan masyarakat hadir di lokasi.
Masjid At-Taqarrub merupakan satu tugas baru yang ‘dibebankan’ Presiden kepada Kementerian PUPR. Masjid itu akan dibangun ulang dan dijadikan contoh bangunan tahan gempa.

Dalam kunjungannya, Jokowi sempat menggelar rapat dengan para menter di lokasi gempa. Rapat itu dilakukan untuk mengevaluasi dan mempercepat proses pembangunan kembali di Pidie Jaya.

“Ada yang sudah dimulai (dibangun) seperti masjid ini, ada yang belum dimulai seperti sekolah. Tapi memang ada mekanisme yang harus dilalui,” ujarnya.

Jokowi menambahkan, model pembangunan dengan dibersihkan dahulu kemudian dibangun juga akan diterapkan di gedung-gedung sekolah mulai tingkat SD, SMP, SMA dan SMK yang terkena dampak gempa.

“Terutama memang fasilitas umum terlebih dahulu. Karena memang yang untuk masyarakat tadi sudah kita berikan stimulan untuk yang rusak berat, rusak sedang dan ringan,” tuturnya.

 

Detik