Presiden Jokowi Tegaskan Segera Bangun Kembali Aceh

Presiden Joko Widodo tiba di pendopo gubernur Aceh Senin pagi

Presiden Joko Widodo berjanji untuk segera membangun kembali tiga kabupaten terdampak bencana gempa bumi yakni Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya, dan Kabupaten Bireuen di Aceh.

“Ini adalah cobaan Allah. Marilah kita hadapi dengan sabar, tabah, tawakal, dan Insya Allah kita carikan solusi,” kata Presiden Jokowi setelah menunaikan salat Jumat di Masjid Besar Samalanga, Kecamatan Samalanga Bireuen, Aceh, Jumat.

Presiden berjanji bahwa pemerintah pusat akan secepatnya membangun kembali bangunan-bangunan yang rusak karena gempa sehingga masyarakat di wilayah itu bisa segera memulai lagi kehidupan normalnya.

“Pemerintah pusat berusaha secepatnya membangun kembali terutama fasilitas umum, masjid, pondok pesantren, sekolah dalam waktu secepatnya,” kata Presiden.

Selain itu Jokowi menjanjikan stimulus bantuan untuk rumah-rumah yang rusak. “Tidak banyak, (tapi) semoga mendorong pembangunan kembali di tiga kabupaten, bisa kembali ke normal kembali,” kata Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Willem Rampangilei, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Plt. Gubernur Aceh Soedarmo.

Antara