Ombudsman RI Aceh: Stop Pungli Di Sekolah

Kepala Ombudsman RI Aceh,  Taqwaddin menegaskan bahwa tidak boleh ada pungutan apapun di sekolah, hal ini merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2012

Senada dengan ketentuan di atas, dalam Pasal 7 ayat (1)c Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan, juga tegas ditentukan bahwa setiap penduduk Aceh berhak mendapat pendidikan dasar dan menengah tanpa dipungut biaya operasional sekolah untuk usia 7 (tujuh) sampai dengan 18 (delapan belas) tahun. Ini artinya, sama dengan wajib belajar 12 (dua belas) tahun, yaitu dari sekolah dasar hingga menengah atas adalah tanpa pungutan biaya apapun.

“Pungutan menurut ketentuan Permendikbud tersebut adalah penerimaan biaya pendidikan berupa uang dan/atau barang/jasa yang berasal dari peserta didik atau orangtua/wali secara langsung bersifat wajib, mengikat, serta jumlah dan jangka waktu yang pemungutannya ditentukan oleh satuan pendidikan dasar,”ujarnya.

Kepala Ombudsman RI Aceh yang juga Ketua Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Aceh mempertanyakan mengapa dana pendidikan Aceh yang demikian besar tidak banyak menetes ke sekolah/madrasah, sehingga bagi sekolah/madrasah tertentu yang ingin memberikan pelayanan optimal harus melakukan pungutan-pungutan, yang sebetulnya tidak dibenarkan, alias pungli.

“Kemana dana besar tersebut mengalir? Mengapa dana besar tersebut belum relevan menaikkan peringkat mutu guru dan mutu peserta didik kita?”, ungkap Taqwaddin.

Taqwaddin menegaskan bahwa adanya Satuan Saber Pungli harus menjadi motivasi bagi kepala sekolah/madrasah untuk makin giat melakukan pelayanan pendidikan dengan efesiensi anggaran. Terhadap kebutuhan pembiayaan pendidikan yang tidak tercover dengan dana BOS dan anggaran DIPA madrasah, Kepala Ombudsman Aceh menawarkan solusi agar meminta sumbangan kepada wali murid, alumni, atau warga masyarakat yang menaruh peduli pada sekolah/madrasah tersebut.

Dia menegaskan agar pihak sekolah/madrasah segera hentikan alias stop segala macam pungutan yang bersifat memaksa, mengikat, dan menentukan dalam jumlah tertentu. Jangan sampai para kepala madrasah menjadi sasaran OTT dari Satgas Saber Pungli, pungkas kepala Ombudsman Aceh ini.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads