Duta Wisata Siap Wujudkan Aceh Sebagai Destinasi Wisata Halal Dunia

Pemilihan Duta Wisata (DW) Aceh ke-10 tahun 2016 yang mengangkat tema “Mewujudkan Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan”  digelar di Hotel Harmoni Kota Langsa, 12-16 Oktober mendatang.

Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, dipastikan akan hadir pada malam pembukaan, Rabu (12/10/2016) di Aula Hotel Harmoni Kota Langsa yang akan dihadiri oleh peserta Duta Wisata Kabupaten/Kota se-Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi mengatakan Pemilihan Duta Wisata tahun ini juga bagian untuk mendukung Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan Dunia melalui branding baru wisata Aceh “The Light of Aceh“ atau “Cahaya Aceh”.

“Pemilihan tema ini sangat tepat, dimana Aceh telah berhasil menjadi salah satu pemenang untuk 3 (tiga) kategori dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI, yaitu Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016, Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016 dan Daya Tarik Wisata Terbaik 2016,” sebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi.

Keberhasilan ini, tambah Reza tidak terlepas dari keikhlasan dan dukungan semua pihak yang telah berkenan melakukan vote dan ajakan voting secara online serta publikasi secara masif melalui berbagai media, khususnya media sosial.

“Keberhasilan ini juga menjadikan Aceh sebagai salah satu nominator yang akan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi internasional pada World Halal Travel Awards (WHAT) 2016 yang akan diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), yang waktu votingnya akan dimulai secara online pada tanggal 17 Oktober hingga 25 November 2016,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kepala Bidang Pemasaran, Rahmadhani menyebutkan, malam penobatan Duta Wisata Aceh 2016 direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Aceh hari Sabtu, 15 Oktober 2016 di Auditorium Hotel Harmoni Kota Langsa.

“Dipilihnya Kota Langsa sebagai lokasi penyelenggaraan Pemilihan Duta Wisata Aceh Tingkat Provinsi tahun ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan di Kabupaten/Kota, setelah Kota Sabang dan Kota Lhokseumawe. Sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan di Banda Aceh sebagai Ibukota Provinsi. Hal ini dimaksudkan agar seluruh Kabupaten/Kota di Aceh dapat bersemangat dan bersinergi dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata daerah secara bersama-sama agar lebih dikenal oleh masyarakat Aceh sendiri dan masyarakat luar Aceh,” ujar Rahmadhani. 

Pada malam penobatan nanti, sebut Rahmadhani akan ada tiga kategori juara yang akan dinilai selain dari pasangan juara I yang nantinya mewakili Aceh untuk diberangkatkan ke Papua dalam ajang tingkat nasional Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2016.

“Ada tiga kategori juara dalam pemilihan DW Aceh tahun 2016, yakni Pasangan Juara I, II, III, Pasangan Juara Harapan I, II, III dan Juara Atribut yang terdiri dari Juara Favorit, Juara Persahabatan dan Juara Media Sosial,” tutup Rahmadhani.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads