Kujungan ke Sabang Membludak, Kapal Berlayar 24 Kali

Ribuan wisatawan domestik terus berdatangan memadati sejumlah lokasi wisata bahari yang berada di pulau paling ujung barat Indonesia Sabang Provinsi Aceh.

Suasana di Pelabuhan Balohan, Sabang, hingga Sabtu, menunjukkan para wisatawan terus berdatangan bahkan kapal cepat maupun kapal lambat terus lalu-lalang mengangkut lonjakan wisatawan di Pelabuhan Ulee-Lheu, Banda Aceh.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balohan, Sabang Abdurrani menyatakan, jadwal pelayaran selama libur Idulfitri 1437 Hijriah ditambah karena terjadi lonjakan kunjungan wisatawan yang meningkat.

“Pada hari Jumat (8/7) jumlah pelayaran dari Sabang-Banda Aceh kapal cepat dan kapal lambat 12 kali dan kalau dihitung pulang pergi keseluruhan 24 kali, padahal hari biasanya PP hanya 4 kali,” kata Abdurrani di Pelabuhan Balohan, Sabang.

Ia menjelaskan, para wisatawan domestik itu mayoritas dari Sumatera, dan Pulau Jawa.

Begitu kapal merapat, para wisatawan itu turun langsung menuju ke sejumlah objek wisata yakni Iboih, Gapang, dan Sumur Tiga serta lokasi-lokasi wisata lainnya.

“Wisatawan yang menggunakan kapal lambat dominan membawa kendaraan pribadi, tapi yang menggunakan jasa pelayaran kapal cepat sudah lebih dulu merental sepeda motor roda dua dan roda empat,” ujarnya pula.

Kepala UPTD Balohan juga mengatakan, kunjungan wisatawan selama libur panjang Idulfitri ini meningkat drastis dari hari-hari biasanya, hal tersebut terlihat jelas dari setiap kapal masuk penumpangnya selalu penuh.

“Kapal dari Banda Aceh penuh penumpangnya, namun dari Sabang agak sepi, tadi saja KMP BRR menyeberang dari Sabang-Banda Aceh tidak sampai 50 orang penumpangnya,” ujarnya.(antara)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads