Persoalan Kependudukan Harus Ditangani Serius

Indonesia saat ini dihadapkan soal kependudukan yang sangat serius, mulai dari jumlah pendudukan hingga kualitas dan mental masyarakat.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkBN) pusat, Surya Chandra saat acara Gebyar GenRe di MAN Model Banda Aceh, Sabtu (12/12). Turut hadir juga dalam kegiatan itu, Kepala BkkBN Aceh Natsir Ilyas.

Menurut dia, persiapan generasi yang berkualitas harus dipersiapkan terus secara matang, sehingga nantinya kualitas dan mental masyarakat dan rakyat Indonesia semakin baik di masa-masa yang akan datang.

Salah satu upaya memperbaiki mental itu yakni dengan tidak menzalimi diri sendiri dan orang lain. Dengan demikian, kehidupan sosial di tengah masyarakat akan tertata dengan baik dan mental masyarakat juga akan membaik. “Karenanya BKKBN sangat komit dan konsen melahir kualitas anak bangsa lewat Generasi Berencana (GenRe),”ujar Surya.

Ia berharap, MAN Model Banda Aceh bisa menjadi contoh bagi masyarakat dengan melahirkan calon-calon  pemimpin di masa depan baik untuk Aceh maupun Indonesia.

Sementara itu, Kepala BkkBN Aceh Natsir Ilyas mengungkapkan, generasi berencana memiliki arti mempersiapkan perencanaan yang baik dalam menggapai masa depan.

Perencanaan tersebut dengan mengedepankan 3 K, yakni kuliah, kerja, kawin. Ini artinya, sukses dalam pendidikan, sukses dalam karier dan berumahtangga. Ini harus bisa berjalan dengan perencanaan yang matang. “Jangan kuliah lalu kawin, itu bisa gagal dalam pendidikan apalagi karier,” ujarnya.

Untuk itu, kata Natsir, BkkBN Aceh akan terus berupaya mempersiapkan generasi mendatang dengan sebaik-baiknya lewat keluarga berencana (KB). 

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads