Narkoba Merajalela, Negara Lemah

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan peredaran dan penyalahgunaan narkoba telah melemahkan ketahanan negara.

“Narkoba sudah merambah semua lini. Pengaruh narkoba ini jelas tidak bisa ditoleransi lagi. Karena narkoba pula ketahanan negara ini bisa dilemahkan,” kata Ryamizard Ryacudu di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan tersebut dikemukakan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam kuliah umumnya di hadapan civitas akademika Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh.

Bandar-bandar narkoba, kata dia, terus berupaya meracuni seluruh elemen masyarakat, terutama generasi. Jika sudah teracuni, jangan harap kedaulatan negara ini bisa tegak. Sebab, tidak ada yang bisa menegakkannya.

“Kalau semuanya terpengaruh narkoba, siapa yang mau berperang melawan ancaman negara. Tidak ada lagi yang mau berperang,” ungkap purnawirawan jenderal bintang empat tersebut.

Oleh karena itu, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat ini mengajak mahasiswa sebagai generasi muda bangsa tidak terlibat peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Mahasiswa sebagai penerus bangsa harus mampu memerangi narkoba. Janganlah ketahanan negara bangsa ini lemah hanya karena narkoba,” kata Ryamizard Ryacudu.(antara)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads