Sejumlah Pulau Di Aceh Tak Punya Nama, Disinyalir Pulau Baru Pasca Tsunami

Puluhan pulau-pulau terluar di provinsi Aceh hingga kini disinyalir belum punya nama, bahkan ironisnya pulau-pulau tersebut tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Aceh Diauddin mengatakan pihaknya akan mendata kembali berapa banyak pulau yang ada di provinsi Aceh, pasalnya diakui Diauddin pasca tsunami 26 Desember 2004 silam banyak pulau-pulau baru yang muncul dan yang tenggelam di provinsi Aceh.

Pulau-pulau yang baru muncul itu menurutnya hanya pulau-pulau kecil yang tidak bisa dihuni, akan tetapi sebagiannya bisa dimanfaatkan untuk menanam komoditi tertentu.

“Ini sekarang belum tau pasti, karena menurut informasi pasca tsunami banyak pulau baru muncul, namun apakah ini pulau baru atau pulau lama belum ada nama, ini tim dilapangan untuk mendata,”lanjutnya.

Diauddin mengakui sejumlah sumber menyebutkan setidaknya ada 44 pulau terluar yang belum ada nama, akan tetapi pihaknya akan melakukan pendataan terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah pastinya.

Pulau-pulau tersebut selain terluar, sebagiannya juga masuk didalam daerah territorial, umumnya pulau-pulau tersebut terdapat di pantai barat selatan Aceh, mulai dari Simeulu, Aceh Barat, Aceh Selatan dan Aceh Singkil.

Sementara itu bedasarkan data tahun 2004, jumlah pulau di provinsi Aceh mencapai 663 pulau, dan 458 diantara belum memiliki nama.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads