Mualem : Bendera Aceh Tetap Seperti Yang Kita Impikan

Sejumlah warga berkonvoi dengan membawa bendera Aceh mengelilingi Banda Aceh Senin Siang/Salman iqbal

Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf memberi sinyal tidak setuju adanya perubahan pada bendera Aceh sebagaimana yang diminta oleh pemerintah pusat.

Hal demikian disampaikannya saat ditanyakan persoalan bendera Aceh, disela-sela pertemuan dengan Anggota DPR RI yang juga ketua Fraksi Gerindra DPR RI Desmon J Mahesa, di kantor DPD Gerindra Aceh, Sabtu (28/02).

Sejauh ini diakui Muzakir belum ada koordinasi dengan dirinya terkait rencana perubahan bendera Aceh. “Silahkan saja, tapi saya rasa tidak berubah, tapi nggak tau juga karena mereka nggak koordinasi dengan kita, tetapi yang kita harapkan seperti yang kita mimpikan lah, artinya tidak berubah, kita harap begitu,”ujar pria yang akrab disapa Mualem itu

Sebelumnya pihak DPR Aceh menyatakan setuju jika bendera Aceh diubah sedikit asalkan pemerintah pusat punya komitmen untuk menyelesaikan segala kewenangan Aceh yang tercantum dalam UUPPA.

“Jadi pemerintah pusat minta pengertian kita agar ada perubahan sedikit tentang bendera itu, walaupun sedikit saja, tetapi kami sangat merasakan sulit meminta pengertian rakyat Aceh bila pemerintah pusat tidak mampu menunjukkan kejujuran dan keiklasan merealisasikan MoU Helsinki dan UUPA,” ujar politisi partai Aceh Abdullah Saleh yang juga ketua komisi I DPR Aceh saat ditanyai beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, pemerintah pusat bersikeras agar bendera Aceh diubah meskipun sedikit, pasalnya bendera Aceh sebagaimana yang telah disahkan DPR Aceh dinilai menyerupai bendera perjuangan GAM.