35 Negara Dipastikan Hadiri Peringatan 10 Tahun Tsunami

Sebanyak 35 negara sahabat yang terlibat langsung pada masa rehab-rekon Aceh pasca tsunami dipastikan akan menghadiri peringatan 10 tahun tsunami di Aceh, Jum’at 26 Desember 2014 mendatang.

Ke 35 Negara tersebut antara lain Turki, Kuwait, Oman, Sudan, Prancis, Jepang, Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Spanyol, Italia, Swedia, Belanda, dan Malaysia.

Selain itu puncak peringatan 10 tahun tsunami yang dipusatkan di lapangan Blang Padang Banda Aceh juga dihadiri 35 organisasi Internasional seperti Unesco, Unicef, WHO, Islamic relif, Muslim Aid dan USAID.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan pada peringatan 10 tahun tsunami nanti pemerintah Aceh akan menyampaikan apresiasi kepada dunia internasional yang telah banyak membantu Aceh bangkit pasca tsunami.

”Ada empat kegiatan pada peringatan 10 tahun tsunami Aceh, termasuk mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada masyarakat internasional,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Zaini  mengaku dihubungi oleh pemerintah Singapura, mereka meminta diizinkan berbicara pada puncak peringatan 10 tahun tsunami.

”Sebelumnya pemerintah Aceh sudah memilih Jepang sebagai perwakilan negara sahabat yang akan menyampaikan sambutannya, akan tetapi pemerintah Aceh  akan mempertimbangkan beberapa negara sahabat untuk diizinkan menyampaikan sambutannya, karena mereka semua banyak berjasa untuk Aceh,” lanjutnya.

Seperti diketahui, musibah gempa dan tsunami meluluhlantakkan Aceh pada hari Minggu 26 Desember 2004 silam. Musibah besar itu merenggut ratusan ribu jiwa masyarakat Aceh, selain itu lebih dari 500 ribu rakyat Aceh kehilangan tempat tinggal.

Pasca musibah bantuan datang dari berbagai belahan negara di dunia, sehingga Aceh mampu bangkit kembali seperti sekarang ini.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads