Gubernur Zaini Terima Anugerah Warga Kehormatan TNI

Gubernur Aceh   Zaini Abdullah mengatakan dirinya sangat ingin bekerjasama lebih erat dengan pihak TNI untuk kebaikan Aceh kedepan. Menurutnya, selama ini TNI sudah sangat membantu banyak hal seperti bencana alam dan lain-lain.

“Kita harus bahu membahu dengan semua komponen bangsa untuk Aceh yang lebih baik,” kata Zaini Abdullah, usai menerima penganugerahan sebagai warga kehormatan TNI. Acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Propinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini merupakan rangkaian peringatan HUT TNI ke-69 yang dipusatkan di Markas Komando Armada Timur (Koarmatim) Surabaya, Jawa Timur. Hari ini, 6 Oktober 2014 sebagian besar Gubernur menjadi warga kehormatan TNI. Panglima TNI Jenderal Moeldoko secara simbolis memasang Baret dan Brevet kehormatan.

Selain kepada Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Anugerah tersebut juga diberikan kepada 28 Gubernur lainnya se-Indonesia, diantaranya Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Gubernur Jatim Soekarwo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang, Gubernur Papua Lukas Enembe, Plt Gubernur Banten Rano Karno dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahril Yasin Limpo dan sejumlah Gubernur lainnya.

Sebagai orang tua dan pernah berseberangan dengan TNI dalam acara ini Gubernur Aceh Zaini Abdullah menjadi bintang. Hampir semua petinggi TNI dan para Gubernur dari nusantara menunjukkan rasa hormat kepada beliau. “Bahkan banyak yang minta foto bareng. Gubernur Zaini juga terlihat akrab dengan Sultan Jogja, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Beliau menyampaikan persoalan asrama mahasiswa Aceh – Jogja yg belum tuntas,” kata Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Murthalamuddin, yang turut mendampingi Gubernur Zaini Abdullah.

Murthala menambahkan, Gubernur Zaini juga sempat berbincang dengan Gubernur Sumatera Utara untuk masalah pungli dan gangguan terhadap angkutan umum dan barang di wilayah Sumut yang berbatas dengan Aceh di sejumlah pos. “Momentum ini harus kita manfaatkan untuk beberapa hal, karena ini kesempatan yang langka hampir semua Gubernur ada di sini” tandas Murthalamuddin, mengutip pernyataan dr Zaini Abdullah.

Hadir juga dalam kesempatan itu Panglima Kodam Iskandarmuda Mayjen (TNI) Agus Kriswanto. Pangdam berkali-kali mendatangi Gubernur Zaini dan menunjukkan rasa senangnya. Ia apresiasi dan sangat berterimakasih atas kesediaan Gubernur Zaini Abdullah menjadi warga kehormatan TNI.. Menurutnya, ini mempunyai makna yang sangat penting dalam upaya memelihara perdamaian dan meningkatkan hubungan kerja sama dan bersinergikan dalam membangun Aceh

Gubernur Zaini juga menyatakan ini salah satu bentuk konkrit perdamaian bahwa semua pihak tidak lagi berjarak dan sama-sama berbuat untuk Aceh yang lebih baik dan semakin memperkuat perdamaian. “Ini akan menjadi alat perekat yang kuat bagi TNI untuk terus berbuat yang terbaik bagi Aceh, ”ujarnya. Kedepan, Gubernur Zaini juga berharap TNI menunjukkan kerja dan karya nyatanya untuk perbaikan kehidupan rakyat Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads