Pemerintah Indonesia Minta Israel Hentikan Kebiadabannya

Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa menegaskan kekejaman serangan Israel terhadap warga Gaza harus dihentikan.

”Sudah tiba waktunya agar Israel betul-betul ditekan untuk menghentikan tindakan mereka yang biadab ini,” kata Marty dalam pernyataan yang diterima oleh Republika, Jumat (11/7). Menurutnya, agresi Israel ini mempertaruhkan warga Palestina dan tatanan hukum kemanusiaan internasional.

Marty pun menyampaikan sikap Indonesia yang mengutuk tindakan militer Israel terhadap warga Palestina di Jalur Gaza. ”Kami telah berkomunikasi dengan Perwakilan kita di PBB di New York agar bekerja sama dengan Perwakilan Palestina, bekerja sama dengan Perwakilan negara-negara OKI dan GNB untuk mendorong PBB menyerukan penghentian aksi militer Israel di Gaza,” tambahnya.

Ia mengatakan Indonesia juga telah menyurati Ketua GNB dan OKI di New York untuk mengadakan pertemuan khusus guna mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat dilakukan semua pihak. ”Akar permasalahannya adalah pendudukan Palestina oleh Israel, tindakan ini tidak dapat kita terima,” tegasnya.

Upaya diplomasi Indonesia terhadap Palestina pun terus dilakukan. Meskipun begitu, upaya ini tidaklah mudah. ”Tidak mudah untuk dapat menggerakan Dewan Keamanan PBB, namun diplomasi Indonesia akan bertindak sebaik mungkin,” ujarnya. (republika)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads