Harga Daging Ditaksir Capai Rp. 130 rb Perkilogram

Harga daging sapi dikota Banda Aceh pada meugang tahun ini diperkirakan mencapai Rp. 130.000 perkilogram.

Hal itu dikatakan kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian (DKPP) kota Banda Aceh Bachtiar pada konfrensi pers bersama Pemko Banda Aceh dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah, Kamis 926/06/2014).

Bachtiar mengatakan DKPP sudah mendata persediaan ternak untuk hari megang pada Jum’at dan Sabtu, menurutnya persediaan sapi/kerbau untuk kota Banda Aceh sekitar 346 ekor dengan harga diperkirakan berkisar antara Rp. 110.000-rp. 130.000 perkilogram. Sedangkan untuk unggas tersedia sebanyak 16.100 ekor dengan perkiraan harga untuk ayam potong Rp. 40.000-Rp. 50.000 perkilogram dan ayam kampung antara Rp. 70.000 –Rp. 100.000 perkilogram.

Bachtiar juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pemotongan  hewan ternak di Rumah Potong Hewan (RPH) yang telah tersedia petugas pemeriksa kesehatan hewan, karena ternak yang akan dipotong terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan. Kalaupun tidak dilakukan pemotongan di RPH Bachtiar meminta agar pedagang memeriksakan kesehatan hewannya terlebih dahulu sebelum dipotong.

”Silahkan dipotong di RPH terdekat, karena di Banda Aceh ada juga penjual dari Aceh besar maka silahkan dipotong di RPH yang ada di Aceh Besar, karena kita di RPH kita lakukan pemeriksaan kesehatan dulu, dan menjamin agar tidak bercampur dengan daging babi dan sebagainya”lanjutnya.

Bactiar menambahkan daging hasil pemotongan di rumah pemotongan hewan  merupakan daging yang aman sehat utuh dan halal (ASUH) yang telah melalui persyaratan hygienis sanitasi dan penyembelihannya dilakukan sesuai syariat Islam.

Bachtiar menjelaskan ciri-ciri ternak yang sehat antara lain Sempurna secara fisik, gerakannya lincah dan respon terhadap bunyi maupun gerakan benda, bulu bersih dan matanya bersinar. Kemudian ciri-ciri daging yang sehat antara lain warna kemerah-merahan, berserat halus dan sedikit lemak, bila ditekan konsistensinya kenyal, bau dan rasanya aromatis.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads