Jaga Kualitas Udara Banda Aceh, Bapedal Lakukan Uji Emisi Kendaraan

Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal)  Aceh  melakukan uji emisi gratis terhadap kendaraan roda empat di jalan Teuku Umar kota Banda Aceh, Selasa (10/06/2014) pagi.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut,  sejak tanggal 10 sampai dengan tanggal 12 Juni 201.Semua kendaraan yang sudah melakukan uji emisi dan lulus akan ditempel stiker keterangan lulus pada kendaraannya.

Kepala Bapedal Aceh,Anwar Muhammad mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk melihat tren peningkatan emisi akibat kendaraan bermotor di Banda Aceh serta untuk menertibkan kendaraan yang tidak lulus uji emisi, dari hasil uji emisi pihaknya mencatat ada sekitar 15-20 persen kendaraan yang tidak lulus uji emisi.

Kepada kendaraan yang tidak lulus uji emisi di berikan teguran agar melakukan perawatan terhadap kendaraannya secara berkala, pasalnya lulus tidaknya uji emisi sangat ditentukan pada perawatan kendaraan.

“Kalau yang sudah lulus di temple stiker lulus uji, kalau tidak lulus kita kasih peringatan, misalnya perawatan secara intensif, kendaraan barupun kalau tak dirawat tidak lulus uji emisi”lanjutnya.

Anwar menambahkan perawatan kendaraan dengan rutin akan berdampak pada tersedianya udara yang bagus di kota Banda Aceh,Sehingga warga Banda Aceh bisa mendapatkan udara yang baik sesuai dengan standar baku mutu karena hal itu menurutnya bagian dari hak asasi manusia.

“Ini program langit biru, Kondisi akhir udara di Banda Aceh masih baik untuk katergori kota sedang”ujarnya.

Sementara itu berdasarkan peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 5/2006 tentang ambang batas emisi gas buangan kendaraan bermotor, kendaraan yang diuji keluaran di bawah dan di atas 2007.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads