Investor Bangun Industri Di Pelabuhan Lampulo Banda Aceh

PT Aceh Lampulo Jaya Bahari siap berinvestasi untuk pembangunan  kawasan industri di pelabuhan Lampulo Banda Aceh. PT Aceh Lampulo Jaya Bahari berencana membangun pabrik es dan pabrik pengalengan ikan.

Hal demikian dikatakan Direktur PT Aceh lampulo Haya Bahari Husin pratama pada peletakan batu pertama pembangunan kawasan industri perikanan di pelabuhan Lampulo Banda Aceh, Selasa (07/01/2014).

Husin mengatakan pihaknya menggelontorkan dana sebesar 40 Milyar untuk membangun kawasan industri tersebut, pihaknya juga membutuhakn lahan seluas 4 hektar, namun pemerintah baru menyediakan lahan 1 hektar pada tahap ini, diakuinya  pembangunan kawasan indsutri tersebut akan dilakukan secara bertahap,  pada tahun 2014 ini PT Aceh lampul Jaya Bahari akan membangun  pabrik es dan cool storage terlebih dahulu,

“Cool storage  dengan kapasitas 100o ton dan pabrik es yang berproduksi 2000 batang perhari, Kita mulai awal Februari dan kalau tidak ada halangan Oktober nanti sudah siap beroperasi”ujarnya.

Husin menambahkan  alasan pihaknya memilih Lampulo membangun kawasan industri antara lain untuk menghemat biaya transport dan menjaga kualitas, mengingat selama ini pihaknya beroperasi di Medan, namun ikan yang dihandalkan justru bersal dari provinsi Aceh.

Husin menyebutkan Perusahaannya yang berpusat di Medan  membutuhkan ikan tuna 30 ton perhari, yang diekspor ke berbagai Negara seperti Amerika Serikat, Eropa dan Negara Asia lainnya. Perminggu pihaknya mengekspor 10 kontainer dan rata-rata ikannya bersal dari Aceh.

Sementara untuk pabrik yang akan dibangun di Lampulo Aceh pihaknya menargetkan pemasukan 20 ton ikan perhari, dan mengekspor 15 kontainer untuk setiap bulannya, “Dan kami optimis pada awal 2015 perusahaan sudah siap melakukan ekspor melalui pelabuhan Krueng Raya Aceh Besar”pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads