Warga Seutui Sembelih 31 Sapi Qurban

Warga gampoeng (desa) Seutui Kecamatan Baiturrahman kota Banda Aceh melakukan penyembelihan 38 ekor hewan Qurban pada hari raya Idul Adha 1434 Hijriyah.

Penyembelihan dilakukan pada hari Selasa (15/10/2013) selepas melaksanakan Shalat I’d di Masjid Taqwa gampoeng tersebut, hewan sembelihan terdiri dari 31 ekor sapi dan 7 ekor kambing.

Keuchik (Kepala desa) gampoeng Seutui T. Saiful Banta mengatakan jumlah hewan qurban tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu, pada tahun lalu di gampoeng Seutui menyembelih 26 ekor sapi dan 7 ekor kambing, hewan qurban itu tersebut berasal warga setempat dan juga dari pihak luar.

“Semangat masyarakat kita untuk berqurban semakin meningkat dari tahun ketahun”Ujar Saiful.

Saiful menjelaskan ada tiga sistem qurban di gampoeng tersebut, pertama sistem arisan, dimana setiap warga mengumpulkan dana perbulan pada panitia qurban sesuai dengan harga sapi, kedua sistem satu orang secara spontan menyerahkan satu ekor sapi/kambing dan ketiga masyarakat berkumpul 7 orang menyerahkan satu ekor sapi.

“Sitem arisan untuk tahun ini setiap 1 pengqurban harus menyerahkan Rp. 2 juta , karena ini tergantung pada harga sapi”lanjut Saiful yang didampingi Sekdes Saiful Bahri dan Kadus Dusun Seulawah Dedi Hasbi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads