Jelang 17 Agustus Merah Putih Gantikan Bintang Bulan

Memasuki tanggal 17 Agustus sebagai peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, bendera sang saka Merah Putih sejak sepekan lalu berkibar di sejumlah kawasan di Kabupaten Bireuen, Aceh. Padahal, sebelumnya yang berkibar di seluruh pelosok Bireuen adalah bendera Bulan Bintang.

Sementara, menurut beberapa warga di Kota Bireuen, bendera merah putih juga dibagikan aparat keamanan yakni TNI/Polri, untuk dikibarkan menyambut HUT RI ke 68.

“Saya tadi melihat sejumlah aparat membagikan bendera merah putih di Blang Blahdeh, Kecamatan Jeumpa. Selain dibagikan aparat juga didistribusikan melalui aparat desa,” kata Sri Kumar, Ketua Pemuda Desa Krueng Juli Timu, Kecamatan Kuala, Selasa (13/8).

Bendera bulan bintang di Kabupaten Bireuen tidak terlihat lagi sejak dikeluarkan imbauan dari pemerintah pusat menyangkut pelarangan menaikkan bendera itu. Yang terlihat sekarang kibaran Merah Putih hampir di seluruh Kabupaten Bireuen.

Bendera Bulan Bintang hingga kini menjadi kontroversi antara Pemerintah Pusat dan pemerintah Provinsi Aceh. Sebab, bendera tersebut sama dengan lambang Gerakan Aceh Merdeka  Karena alasan itu, hingga kini pemerintah pusat belum menyetujui pemakaian bendera itu sebagai lambang provinsi Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads