Inilah Fenomena Sosial Keagamaan Di Aceh

Ketua DPA-PA Muzakir Manaf/salman iqbal

Wakil gubernur Aceh Muzakir Manaf menyebutkan ada dua fenomena sosial keagamaan di Aceh yang perlu mendapatkan perhatian dari seluruh kalangan masyarakat.

Fenomena pertama, sebut Wagub adalah terkait dengan maraknya pembangunan masjid di Aceh, menurutnya pemerintah Aceh senantiasa memberikan dukungan penuh bagi pembangunan masjid dan pengembangan kegiatan keagamaan lainnya”menurut data pada tahun 2009 lalu di Aceh ada 3.773 Masjid, dan itu terus bertambah, namun yang kita sangat sayangkan adalah jumlah jamaahnya sangat sedikit”lanjut Wagub yang biasa disapa Mualem.

Mualem menambahkan fenomena kedua adalah terkait dengan kecintaan terhadap Al-qur’an, “dulu kalau habis magrib dimana-mana kita mendengarkan orang mengaji, namun kini sudah tergantikan dengan nonton TV, duduk di warung kopi dan lain sebagainya”sebut Mualem.

Menurutnya lagi, fenomena diatas telah menyebabkan generasi muda Aceh buta huruf Al-qur’an,”beberapa waktu lalu ada survey dari LSI, hasilnya menyebutkan hanya 10 persen anak-anak kita yang selalu membaca Al-qur’an”sebutnya lagi.