Tiga Daerah Belum Serahkan Hasil Verifikasi Faktual Calon Anggota DPD

Dua anggota DPD kembali mendaftar, Abdurrahman BTM ( memakai surban) dan Bahrum Manyak (baju kotak-kotak)/salman iqbal

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh terpaksa menunda pemberitahuan kelengkapan berkas dukungan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Aceh, dikarenakan belum semua KIP Kabupaten-kota melaporkan hasil verifikasi faktualnya.

Wakil ketua KIP Aceh Basri M Sabi mengatakan seharusnya KIP Aceh sudah melaporkan kepada calon-calon anggota  DPD yang kekurangan berkas dukungan agar melengkapainya kembali dimasa perbaikan, namun masih ada tiga daerah yang belum menyerahkan hasil verifikasi factual dukungan calon, masing-masing kabupaten Simeulu, kota Subulusam dan kabupaten Aceh Tengah.

“seharusnya sudah dua hari yang lalu kita sampaikan kepada calon terkait dengan hasil verifikasi, apa ada yang harus diperbiki, namun hingga kini masih ada tiga daerah yang belum meneyarhakan hasil, dan kita belum tau apa alasannya mereka”lanjutnya.

Basri menambahkan, KIP Aceh masih terus berupaya agar dalam dua hari kedepan seluruh berkas virifikasi factual sudah selesai dan bisa segera di beritahukan kepada calon, baik yang sudah bisa dinyatakan lengkap maupun yang harus melengkapai kembali syarat dukungan foto kopi KTP.

Sementara itu Dari laporan yang diterima KIP Aceh, selama proses vertual yang berlangsung  dari 24 Mei-6 Juni 2013, tim di kabupaten/kota menemukan sejumlah sampel dukungan yang tidak memenuhi syarat.

Menurutnya bagi calon anggota DPD yang tidak cukup syarat dukungan minimal 3000, masih diberi kesempatan memperbaiki pada masa perbaikan  mulai 19 Juni-2 Juli 2013.