Siswa SMA di Enam Daerah Ikut Pelatihan Jurnalistik

Kepala Sekolah MJC Mukhtaruddin Yacob

Sekolah jurnalistik Aliansi Jurnalis Independen Kota Banda Aceh, Muharram Journalism College (MJC), kembali menggelar roadshow atau pelatihan jurnalistik di Aceh Timur dan Aceh Selatan, Senin hingga Rabu (10-12 Juni 2013). Roadshow  secara bersamaan melibatkan 50 siswa dari 20 sekolah menengah atas di dua daerah tersebut.

Roadshow jurnalistik untuk siswa SMA/SMK/MA  di Aceh Timur, Langsa, dan Aceh Tamiang dipusatkan di  SMA Negeri 2 Langsa  Senin-Rabu (10-12/6). Sementara pelatihan untuk siswa di Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, dan Subulussalam dipusatkan di MAN Sawang  pada hari yang sama. Dua roadshow ini merupakan seri pelatihan kelima dan keeman yang digelar MJC. Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilaksanakan di Aceh Utara, Aceh Barat, Pidie Jaya, dan Aceh Tengah.

Kepala Sekolah MJC Mukhtaruddin Yacob menyebutkan, roadshow ini digelar untuk mensosialisasikan jurnalistik dan etika menulis kepada para siswa. Ini juga dilakukan untuk menumbuhkembangkan minat tulis di kalangan siswa melalui blog dan majalah dinding sekokah.

“Kita ingin mengasah kemampuan menulis pada siswa sekolah menengah agar mereka nanti mampu menuangkan ide-ide yang mereka miliki melalui pelbagai media yang ada,” kata Mukhtaruddin Yacob di Langsa, Senin (10/6/2013).

Roadshow ini, kata Mukhtar, juga sebagai bentuk tanggungjawab sosial Muharram Journalism College untuk meningkatkan pengetahuan siswa di Aceh dalam pemahaman menulis dan ilmu jurnalistik.

Selama tiga hari pelatihan yang didukung Development and Peace ini, para siswa dibahani materi menyangkut dasar-dasar jurnalistik, teknik menulis berita, etika menulis, teknik wawancara, pengenalan jurnalisme warga, blog, dan mendesain majalah dinding sekolah.

“Mereka juga akan melakukan simulasi peliputan, menulis berita, hingga merencanakan penerbitan majalah dinding,” sebut Mukhtar.

Pelatihan di Langsa dibahani oleh Muhammad Hamzah (wartawan Suara Pembaruan), Imran MA (Tempo), dan Fakhrurradzie Gade (blogger dan jurnalis acehkita.com). Sedangkan pelatihan di MAN Sawang (Aceh Selatan) dibahani oleh Misdarul Ihsan (Sekretaris AJI Banda Aceh/RCTI), Daspriani Y. Zamzami (Indosiar), dan Nursafri (Radio ABC)