Dubes RI Untuk Sudan Siap Promosikan Kopi Aceh Ke Sudan

Duta Besar Indonesia untuk Sudan Sujatmiko, menyatakan siap mempromosikan berbagai keunggulan yang dimiliki Aceh ke negara Sudan.

Hal itu dikatakan Sujatmiko saat bertemu Gubernur Aceh Zaini Abdulah di Banda Aceh, Senin (27/5) sore.

Sujatmiko mengatakan di bidang pedagangan ada beberapa sektor atau komoditas unggulan dari Aceh yang bisa dipromosikan ke Sudan Seperti kopi Aceh dan nilam. Diakuinya, sebagaimana Aceh, masyarakat sudan juga pecinta Kopi, dan selama ini didatangkan dari Kenya.

Selain itu di bidang pendidikan pihaknya berharap akan semakin ramai mahasiswa Aceh yang belajar ke sudan dan mahasiswa sudan yang belajar ke Aceh. “yang paling penting adalah mempromosikan daerah terutama Aceh yang sudah makin berkembang, jadi kita akan mulai kerjasama dengan pendidikan, kemudian dibidang perdagangan”lanjutnya.

Sujatmiko menambahkan banyak kesamaan antara Aceh dengan Sudan, menurutnya jika Aceh disebut serambi Mekkah, maka Sudan layak disebut Serambi Mekkahnya Afrika, selain itu menurutnya 99 persen penduduk Sudan adalah Muslim yang masih jauh dari Intervensi barat.

Menurut Sujatmiko saat ini ada 25 mahasiswa Aceh yang masih belajar di Sudan, Jumlah ini jauh menurun dari sebelumnya mencapai 100 orang, dan rata-rata adalah beasiswa pemerintah Aceh.

sementara itu Gubernur Aceh  Zaini Abdullah menyambut baik keinginan Dubes RI untuk Sudan yang  siap mempromosikan sejumlah komoditi unggulan Aceh ke Sudan”kita berharap rencana kerja sama itu bisa diwujudkan dalam bentuk tindakan yang kongkret dan dapat dijalankan kedua belah pihak dengan baik”tutup Zaini.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads