15 Nama Calon Anggota KIP Banda Aceh Diserahkan Ke Komisi A

Ketua Timsel M. Jafar menyerahkan hasil seleksi calon anggota KIP Banda Aceh kepada ketua Komisi A DPRK Banda Aceh Sabri Badrudin/Salman iqbal

Tim seleksi bakal calon anggota Komisi Independen pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh senin (27/05) pagi menyerahkan 15 nama calon anggota KIP Banda Aceh kepada Komisi A DPRK Banda Aceh.

15 nama itu diserahkan ketua Timsel Muhammad Jafar kepada ketua Komisi A DPRK Banda Aceh Sabri Badrudin, ikut dihadiri wakil ketua komisi A Surya Mutiara dan anggota Komisi A Royes Ruslan.

Ketua komisi A DPRK Banda Aceh Sabri Badrudin mengatakan pihaknya akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap ke 15 orang calon anggota KIP yang telah melewati serangkaian seleksi oleh tim seleksi. Menurut Sabri uji kelayakan dan kepatutan akan dilakukan pada tanggal 13 Juni mendatang, hasil uji kelayakan itu akan diambil lima orang anggota KIP dan lima orang cadangan yang selanjutnya akan diserahkan kepada KPU untuk di SK-kan.

“kita akan jadwalkan uji kelayakan ke 15 calon tersebut mungkin sekitar tanggal 13 Juni, kemudian kita paripurnakan dan kita antarkan ke KPU pusat agar segera di SK-kan”lanjutnya.

Komisi A DPRK Banda Aceh berharap anggota KIP Banda Aceh yang baru bisa dilantik pada tanggal 8 juli 2013, mengingat akan berakhirnya masa tugas KIP yang sekarang pada tanggal tersebut.

Sementara itu ketua Timsel Muhammad jafar mengatakan dari 15 nama yang diserahkan itu, 12 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Jafar mengakui selama tahapan seleksi berlangsung tidak ada sedikitpun intervensi dari komisi A DPRK Banda Aceh.

Menurut Jafar ke 15 nama yang diserahkan itu merupakan calon anggota KIP Banda Aceh yang dinyatakan lolos seleksi Baca Qur’an, psikotes, tes kesehatan dan seleksi wawancara yang dilakukan oleh tim seleksi.