Soal UN Untuk SMALB Tidak Sesuai

Panitia Ujian Nasional (UN) tidak menyediakan soal khusus untuk peserta Ujian dari SMALB Jurusan Tuna rungu, sehingga pengawas Ujian Membagikan soal jenis ADE yang biasanya digunakan untuk peserta Tuna Netra, Tuna daksa dan Tuna laras.

Hal itu terungkap dari pelaksanaan Ujian Nasional hari pertama di SMA Negeri 3 Banda Aceh.

Kepala sekolah SMALB  YPAC Banda Aceh Mariah M Yunus Mengatakan peserta UJian Nasional dari SMA LB Jurusan Tuna rungu wicara berjumlah 9 orang, namun 2 orang tidak hadir pada hari pertama karena sakit, Mariah Memastikan bagi peserta yang tidak hadir itu masih bias mengikuti ujian susulan pada 22 April mendatang. Menurut Mariah seharusnya Siswa tuna rungu menggunkan soal B, namun karena tidak tersedia, terpaksa digunakan soal ADE.

“mereka menggunakan soal khusus ADE, sebetulnya untuk tuna rungu soal B, tetapi nyatanya tidak ada, saya juga kurang tau kenapa tidak ada”lanjutnya.

Mariah menambahkan sama dengan SMA umum, soal ujian hari pertama bagi SMA LB adalah pelajaran bahasa Indonesia, bedanya, SMA LB soal terbagi dalam lima paket, sedangkan SMA umum 20 paket soal berbeda.

Salah seorang pengawas Ujian Nasional ruang Tuna rungu mengakui siswa kesulitan mengerjakan soal dikarenakan soal-soalnya terlalu panjang, hal itu dikarenakan soal yang seharusnya untuk tuna netra di berikan kepada tuna rungu, kalau untuk tuna rungu menurutnya soal-soal lebih banyak gambar.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads