21 Perempuan Indonesia Dayung Sepeda 1.382 KM

Mengulang keberhasilan perjalanan para Srikandi Jilid 1 di tahun 2011 dan Srikandi Jilid 2 di tahun 2012, tahun ini sebanyak 21 perempuan Indonesia yang tergabung dalam komunitas B2W Indonesia akan menjalajahi rute Aceh ke Padang sepanjang 1,382 KM mulai dari tanggal 5 April sampai dengan 20 April 2013 dengan menggunakan sepeda. Tahun 2013 ini ke-21 srikandi akan melewati beberapa tempat kelahiran pahlawan perempuan Indonesia seperti Cut Nyak Dhien, Cut Mutia, Laksamana Malahayati, Cut Mutia dan Haji Rangkayo Rasuna Said.

Perjalanan selama 15 hari akan melewati 3 propinsi dengan rute: etape 1 Banda Aceh – Sigli, etape 2 Sigli – Bireun, etape 3 Bireun – Lhoksemauwe, etape 4 Lhoksemauwe – Langsa, etape 5 Langsa – Pangkalan Brandan, etape 6 Pangkalan Brandan – Medan, etape 7 Medan – Pematang Siantar, etape 8 Pematang Siantar – Parapat, etape 9 Parapat – Tarutung, etape 10 Tarutung – Sipirok, etape 11 Sipirok – Padang Sidempuan, etape 12 Padang Sidempuan – Kotanopan, etape 13 Kotanopan – Lubuk Sikaping, etape 14 Lubuk Sikaping – Bukit Tinggi, dan etape 15 Bukit Tinggi – Padang.

“Tujuan perjalanan ini, selain memperingati semangat perjuangan pahlawan perempuan, juga mengampanyekan sepeda sebagai kendaraan ramah lingkungan bagi siapa pun termasuk perempuan,” ujar Linda Gumelar saat memberikan keterangan di Jakarta.

Linda menambahkan, sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dia mendukung penuh kegiatan Srikandi Jilid 3 ini dan 21 perempuan yang penuh keberanian dan semangat untuk melakukan gerakan moral bersepeda dari Aceh ke Padang selama lima belas hari ini. Sangat penting bagi bangsa ini untuk memiliki perempuan-perempuan mandiri, tangguh dengan tetap memegang nilai-nilai tradisional. Misi yang dibawa oleh tim Srikandi dari Aceh menuju Padang ini sangatlah positif, mencitrakan model perempuan modern, yang selain sehat juga peduli pada masa depan lingkungan dan generasi penerus. Selain itu, mereka juga akan mengeksplorasi tujuan wisata berpotensi yang belum popular di sepanjang rute yang dilalui oleh 21 Srikandi. Para srikandi ini akan mengkampanyekan kegiatan bersepeda menjadi salah satu olah raga wisata, karena dengan bersepeda, beberapa objek wisata dapat di jangkau lebih mendetail.

Toto Sugito sebagai Ketua Komunitas B2W Indonesia sangat mendukung kegiatan Srikandi Inspirasi Bagi Negeri 2013 ini. “Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi B2W Indonesia sebagai  komunitas yang menyuarakan penggunaan sepeda melalui tekad dan semangat para srikandi yang berani melakukan perjalanan ini. Kami percaya, dengan semangat yang dibawa ke 21 Srikandi itu dapat meningkatkan jumlah pesepeda perempuan sehingga dapat membangun masyarakat Indonesia yang berkualitas secara fisik, psikis dan moral,” ujar Toto Sugito ketika ditemui di Jakarta.

Tahun ini adalah jumlah pendaftar meningkat menjadi 75 orang. Mereka berasal dari Aceh, Medan, Padang, Lampung, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi,  Bandung, Purwakarta, Jepara, Kebumen, Magelang, Semarang, Solo, Magetan, Surabaya, Kuala Kapuas, Makassar, Mamuju, Bali dan Lombok. Kemudian 21 perempuan yang sudah terpilih ini telah melewati proses latihan dan seleksi. Tidak hanya kemampuan bersepeda yang menjadi faktor bisa mengikuti kegiatan Srikandi Inspirasi Bagi Negeri namun juga kerjasama tim dan faktor psikologis yaitu mental, disiplin dan karakter. Diantaranya mereka yang terpilih adalah Agatha Barbara Tedjamulya (Jakarta), Ari Susiati (Jakarta), Atiah (Jakarta), Cut Murnita (Banda Aceh), Diana A.R. (Depok), Endah Hastuti (Jepara), Evi Marwati (Bandung), Gia Amalia (Jakarta), Henny Kurniasih (Lampung), Intan Satria (Jakarta), Juliaty Ardarina, (Lampung), Kartini Putri Munggaran (Makassar), Ketty Suhaeti (Jakarta), Listri Yani (Bogor), Lucy Widya Fathir (Magetan), Ni Made Dwi Puspasari (Bali), Novita Maizir (Jakarta), Rima Yulfia Pratama (Padang), Sunitalia (Banda Aceh), Tania Pina Indriyana (Lampung), Tentrem Sartika (Jakarta), Ulfa Hidayati (Takengon), Widi Nugrahanti (Mataram), Yatmi (Jakarta).

Toto menambahkan bahwa salah satu program dari Srikandi Inspirasi Bagi Negeri 2013 adalah melakukan kampanye “Gerakan Indonesia BerSeRRi (GIB), yaitu sebuah gerakan yang dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2012. GIB akan dilaksanakan secara nasional untuk mewujudkan Indonesia yang bersih, sehat, ramah lingkungan, rapi dan indah. Untuk melaksanakan program ini dalam rangkaian perjalanan Srikandi Inspirasi Bagi Negeri 2013, kami bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Berseri (SIKIB) dengan melakukan gerakan bersih sampah kota di Banda Aceh, Medan dan Padang. Jika dirangkum dari keseluruhan, agenda yang dilakukan 21 srikandi yaitu mencakup bidang olahraga, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

Berbarengan dengan rencana keberangkatan para Srikandi Inspirasi Bagi Negeri 2013 ini, B2W Indonesia juga meluncurkan theme song untuk komunitas sepeda. Lagu yang dinyanyikan oleh Princess Girl Band ini diciptakan oleh Kevin Aprilio. Isi dari lirik lagu ini selain memberikan semangat untuk bersepeda juga menyatukan persaudaraan semua pesepeda yang tergabung dari berbagai macam komunitas sepeda untuk bersama-sama memperjuangkan udara dan lingkungan yang lebih baik.

Berita Terkait

Berita Terbaru