Penderita Thalassemia di Aceh Butuh 500 Kantong Darah Setiap Bulan

0
52

Guna terus membantu penyediaan stock darah untuk memenuhi kebutuhan para penderita thalassemia, Komunitas Darah Untuk Aceh (DUA)  terus gencar mengkampanyekan program 10 for 1 thalassemia.

Founder Darah Untuk Aceh (DUA), Nurjannah Husien,  mengatakan program ini dicetuskan untuk bisa membantu pemenuhan kebutuhan darah untuk penderita thalassemia (thallers). Program 10 for 1 thalassemia ini dimaksudkan mengumpulkan 10 orang pendonor untuk 1 pasien thalassemia.

“Artinya setiap 1 penderita akan mendapat 10 kakak asuh atau pendonor atau yang kita sebut dengan blooders. Sehingga setiap bulan thallers butuh darah stocknya sudah ada. Dan keuntungan lainnya dari program ini adalah setiap pasien akan mendapatkan darah dari orang yang sama setiap bulan sehingga tubuhnya dengan mudah beradaptasi,” jelasnya.

Program 10 for 1 ini terus diperkenalkan kepada para pendonor pemula, sehingga bisa terus menambah jumlah blooders di Aceh. “ Pendonor pemula disini sasarannya adalah para generasi muda yang sudah berusia 18 tahun, selain bertujuan untuk menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi untuk membantu sesama, ini juga sekaligus mengkampanyekan untuk hidup sehat, sehingga mereka terbebas dari narkoba bahkan merokok sekalipun,” ujarnya lagi.

Untuk mengkampanyekan program 10 for 1 thalassemia, DUA jiga menyelanggarakan berbagai kegiatan, diantaranya gathering bersama penderita thalassemia se-aceh yang dilaksanakan di kawasan pantai Ujong Kareung, Ladong, Aceh Besar pada Minggu (17/3/2013).

Panitia Pelaksana gathering, Dedy Saputra Jalil, mengatakan dalam kesempatan ini juga disosialisasikan juga tentang penyakit thalassemia, karena penyakit ini masih minim dikenal dimasyarakat, bahkan sebagian besar warga yang anaknya menderita thalassemia masih percaya pada mitos bahwa ini adalah penyakit kutukan dan tidak mau dibawa ke rumah sakit.

Saat ini sebut Dedy, jumlah penderita tahlassemia di Aceh yang terdata di Komunitas Darah Untuk Aceh, berjumlah 150 orang, dengan rincian penderita dengan golongan darah A berjumlah 28 orang, Golongan darah B berjumlah 43 orang, Golongan darah O berjumlah 70 orang dan penderita dengan golongan darah AB berjumlah 9 orang. Sedangkan jumlah blooders tetap saat ini berjumlah 500 orang.

“ Kalau untuk kebutuhan darah, kita membutuhkan darah sebanyak 500 kantong setiap bulan, namun saat ini baru bisa terpenuhi sekitar 300-400 kantong saja, jadi masih butuh para pendonor yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan darah bagi penderita thalassemia,” jelas Dedy.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.