Empat Daerah di Aceh Penghasil Kedelai

Empat kabupaten di Aceh ditetapkan sebagai penghasil kedelai, yaitu Aceh Timur, Aceh Utara, Bireuen dan Aceh Barat Daya (Abdya).

Dari empat kabupaten tersebut, kabupaten Aceh Timur dan kabupaten Bireun merupakan lumbung kedelai provinsi Aceh.

Bahkan sebelumnya, pada akhir tahun 2012 Menteri Pertanian, Suswono, mencanangkan Gerakan Penanaman Kedelai secara nasional yang dipusatkan di Aceh Timur.

Kabid Statistik Produksi BPS Aceh Irnanto mengatakan pada tahun 2012 produksi kedelai di kabupaten Bireun mengalami sedikit penurunan, akan tetapi penurunan di Bireun di tutupi oleh peningkatan produksi di kabupaten Aceh barat daya.

“sentra kedelai kita di Bireun, tapi tahun lalu di Bireun terjadi penurunan, namun didukung oleh produksi di Aceh Barat Daya”lanjutnya.

Sementara itu sebelumnya  Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan, pembangunan pertanian menjadi salah satu prioritas Pemerintah Aceh lima tahun ke depan sebagaimana dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Aceh 2012-2017. “tiga komoditi unggulan yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Aceh masing-masing jagung, padi dan kedelai”lanjutnya.

Dilain pihak Mentri pertanian RI Suswono mengatakan ada  tujuh provinsi penghasil kedelai di Indonesia yakni Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara dan Aceh.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads