BPS Sensus Pertanian Pada 1 Mei 2013

0
72

Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Aceh akan melakukan Sensus Pertanian 2013 yang berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 31 Mei 2013. Tujuan sensus untuk mengetahui data terkini sektor agrikultur di provinsi Aceh. Sensus pertanian berlangsung serentak secara nasional.

Bidang Integrasi Pengolahan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS Aceh, Abdul Hakim mengatakan Tujuan lain dari sensus adalah untuk mendata jumlah seluruh usaha pertanian di subsektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan, baik itu usaha rumah tangga, lembaga permasyarakatan, barak militer dan perusahaan yang bergerak di bidang pertanian beserta luasan lahannya dalam sepuluh tahun terakhir.

“semua sektor akan kita sensus, baik itu hortikultura, peternakan dan perikanan, baik yang diusahakan oleh rumah tangga maupun perusahaan”lanjutnya.

Hakim menambahkan  untuk tahap awal pihaknya akan merekrut 5.768 orang petugas yang akan diberikan pelatihan terlebih dahulu. Menurutnya petugas akan diterjunkan   ke 6.450 gampong di 287 kecamatan yang tersebar pada 23 kabupaten/kota di seluruh Aceh.

Menurutnya para petugas akan mendatangi langsung seluruh usaha pertanian dan tempat tinggal pelaku usaha pertanian, ia berharap masyarakat bersedia memberikan data yang lengkap untuk petugas sensus.

Hakim menjelaskan, data hasil sensus pertanian itu nantinya bisa dipergunakan untuk evaluasi perencanaan pembangunan aceh khususnya dan indonesia pada umumnya. Menurut Hakim sensus pertanian tahun depan merupakan yang keenam kalinya sejak 1963.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.