Aceh Akan Miliki Bendera dan Lambang Daerah

0
295

Bendera dan lambang yang digunakan semasa perjuangan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) telah di usulkan oleh pemerintah Aceh untuk menjadi bendera Aceh dan Lambang Aceh.

Untuk penggunaan bendera dan lambang tersebut, DPR Aceh sedang membahas Rancangan qanun identitas Aceh yang terdiri dari Bendera, lambang dan Himney.

Anggota DPR Aceh Abdullah Saleh mengatakan bendera Bintang bulan bukanlah bendera GAM, namun secara kebetulan saja digunakan oleh GAM pada masa perjuangannya, menurut Abdullah Saleh bendera bintang bulan dengan garis putih hitam itu merupakan bendera Aceh yang sudah digunakan sejak masa kesultanan.

“perjuangan GAM itu kan perjuangan Aceh, nah bendera ini bukan bendera GAM tapi bendera Aceh, karena GAM berjuang untuk seluruh masyarakat Aceh, namun karena digunakan masa perjuangan GAM , muncul di benak kita kalau itu bendera GAM”lanjutnya.

Abdullah saleh menambahkan pembahasan rancangan qanun bendera dan lambang sudah memasuki tahap Rapat dengar Pendapat Umum (RDPU), sehingga masih terbuka kemungkinan bendera dan lambang daerah tersebut akan berubah, sedangkan untuk Himney, menurut Abdullah saleh belum di bahas sama sekali.

Lebih lanjut Abdullah saleh menambahkan, bendera tersebut hanya sebagai simbol sehingga pengibarannya hanya akan dilakukan pada saat-saat tertentu saja.

Selain itu Abdullah saleh menjelaskan, Warna merah yang mendominasi bendera Aceh melambangkan jiwa kepahlawanan. Kemudian  garis putih bermakna perjuangan suci, garis hitam berarti duka cita perjuangan rakyat Aceh, dan bulan melambangkan lindungan cahaya imam. Adapun bintang segi lima melambangkan rukun Islam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.