Produktivitas Padi Aceh Menurun Akibat Kemarau

0
43

Produktivitas padi Aceh tahun 2012 mengalami peurunan bila dibandingkan dengan tahun 2011, hal itu disebabkan oleh kemarau disepanjang pantai timur Aceh, seperti kabupaten Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya dan Bireun.

Kepala Badan Pusat Statistik Aceh Syeh Suhaimi mengatakan dari pembahasan angka ramalan II tahun 2012 ditetapkan hingga bulan Agustus 2012 telah terealisasi luas panen padi di Aceh sebesar 287,3 ribu hektar, dengan perkiraan jumlah produksi sebesar 1, 34 juta ton.

“produktivitas tahun 2012 ini sebesar 46 kwintal/hektar, ini terjadi penurunan kalau kita bandingkan dengan keadaan Januari-Agustus 2011 lalu”tuturnya.

Syeh Suhaimi menambahkan realisasi luas panen padi hingga Agustus menunjukkan peningkatan hingga 25 ribu hektar atau 9 persen jika dibandingka tahun sebelumnya, meskipun produktivitas di beberapa daerah menurun, namun produksi padi secara keseluruhan meningkat hingga 7, 65 persen.

Menurut Syeh Suhaimi bedasarkan angka ramalan, tahun 2012 ini diperkirakan akan terealisasi luas panen hingga 388 ribu hektar, dengan realisasi produksi padi diperkirakan mencapai 1,9 juta ton. Dan ini akan menjadi produksi terbesar padi Aceh dalam 10 tahun terakhir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.