Pemilukada Aceh Digelar Akhir Tahun 2011

Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Aceh akan digelar akhir tahun 2011 mendatang, dalam Pemilukada tersebut Aceh akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur serta 16 Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota yang habis masa jabatan secara serentak pada akhir 2011.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Abdul Salam Poroh mengatakan tahapan awal Pemilu direncanakan pada bulan April dan tahapan terakhir adalah Desember dan tidak mungkin sesuai dengan jadwal yang diminta Gubernur atau ketua DPR Aceh yang berlangsung pada 11 Desember, karena belum adanya anggaran untuk pelaksanaan tahapan Pemilukada Aceh.

“Tahapan awal kita merencankan adalah bulan April dan tahapan terakhir adalah Desember, jadi apa yang diusulkan Gubernur tidak mungkin kita lakukan pada tanggal 11 Desember 2011,” katanya.

Salam Poroh menambahkan untuk daftar pemilih juga akan dituntaskan pada awal bulan Januari 2011 mendatang.

Sementara itu ketua DPR Aceh, Hasbi Abdullah mengatakan kalau bisa Pemilukada Aceh dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2011 atau sama dengan Pemilukada 2006 lalu yang juga dilaksanakan tanggal 11 Desember 2006 sehingga pas lima tahun.

“Kalau bisa yang kita harapkan seperti yang lalu, 11 Desember, kalau anggaran akan kita rasionalkanlah untuk yang wajar – wajar saja, tidak berfoya – foya,” katanya.

Hasbi menambahkan untuk rancangan qanun Pilkada akan dibahas DPR Aceh pada awal tahun 2011 mendatang, meskipun demikian DPR Aceh juga menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi untuk calon perseorangan.

Dilain pihak Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf saat pembukaan rapat koordinasi penyelenggaraan Pemilukada Aceh tahun 2011 mengatakan rapat koordinasi tersebut untuk membahas anggaran Pemilukada dan honorium penyelenggara Pemilukada.

“Kita harapkan kompetesi politik ini tidak menggannggu perdamaian Aceh, jadi KIP Aceh dan kabupaten kota untuk selalu berkoordinasi denganjarajaran pemerintah daerah,” katanya.

Pada rapat tersebut Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf sempat menanyakan kepada bupati atau walikota yang ingin maju kembali pada Pemilukada mendatang, namun tidak ada yang menajwab, Irwandi sendiri mengaku akan kembali maju jika diminta. (im)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads