Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair 2010

0
30

Ribuan pencari kerja memadati Gedung IT Training Center Banda Aceh pada hari pertama pembukaan kegiatan Job Fair (bursa kerja) yang rencana akan berlangsung dari tanggal 24 sampai 26 November 2010. Kegiatan Job Fair yang merupakan rangkaian dari acara Aceh Internasional Business Summit di ikuti oleh 30 perusahaan yang menyediakan dua ribu lebih tenaga kerja.

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf mengatakan angka pengangguran di Aceh pada tahun 2010 meningkat menjadi 165 ribu orang dari 160 ribu pada tahun 2009, hal tersebut disebabkan oleh semakin bertambahnya jumlah penduduk Aceh, karena secara persentase angka pengangguran Aceh terus menurun dari tahun ke tahun, jika pada tahun lalu angka penganguran mencapai 11 persen, pada tahun ini tinggal 8 persen dari jumlah penduduk.

“Memang pencari kerja cendrung naik karena pertambahan jumlah penduduk, selain itu ada persepsi diluar, Aceh lagi giat – giatnya membangun, sehingga terjadilah migrasi dari luar ke Aceh, selain itu juga banyak warga Aceh yang kembali dari luar negeri pasca konflik,” katanya.

Irwandi menambahkan lapangan kerja  akan terus bertambah jika kondisi Aceh semakin aman dari gangguan kemanan, untuk itu Irwandi meminta kepada pihak kepolisian untu meinindak jika mendapati pihak – pihak yang melakukan kutipan – kutipan liar, seperti permintaan fee yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Lebih lanjut Irwandi menambahkan Aceh Job Fair 2010 menawarkan lebih dari 2 ribu lowongan pekerjaan dengan rentang kualifikasi SMA (sederajat), D3 dan S1. Adapun sejumlah perusahaan yang ambil bagian dalam Job Fair 2010 antara lain, PLN, BPR Mustaqim, KBR Antero dan sejumlah LSM di Banda Aceh. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.