Jangan Tertipu Calo TKI

0
64
Sumiati (okezone.com)

Pasca kekerasan yang menimpa salah seorang TKI Indonesia di Arab Saudi, Sumiati, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banda Aceh menghimbau kepada semua calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Aceh agar tidak mudah mempercayai calo yang ingin memberangkatkan para TKI. 

Kepala Dinsosnaker Banda Aceh, Purnama Karya mengatakan calon TKI jangan mudah mempercayai calo, namun sebelum mengambil sikap sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dinas tenaga kerja.

“Masyarakat jangan mudah percaya dengan calo TKI, kalau ada pun tolong koordinasi dulu dengan dinas tenaga kerja, karena banyak sekali penipuan saat ini, jadi masyarakat jangan mudah ditipu oleh orang – orang seperti itu,” katanya.

Purnama menambahkan perolehan izin kerja di luar negeri harus melalui prosedur resmi, sehingga akan dapat menjauhkan para TKI dari tindak kekerasan seperti yang dialami Sumiati.  

Menurutnya Dinsosnaker Banda Aceh akan membantu para calon TKI untuk mendapatkan Penyalur Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) yang legal dan bertanggung jawab.

lebih lanjut Purnama menambahkan saat ini di Banda Aceh tidak ada biro yang melayani TKI, yang ada di Lhokseumawe dan Bireuen, namun tidak tertutup kemungkinan mereka merekrut warga kota Banda Aceh, namun biro tersebut legal secara hukum. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.