Peredaran Jawaban UN Melalui SMS Marak di Aceh

Rizal Fikri – Anteronews

Ujian Utama UN SMP sederajat tahun ajaran 2009/2010 yang dilaksanakan pada 29 Maret hingga 1 April 2010 di Provinsi Aceh yang diikuti 83.633 siswa, sarat oleh kebocoran jawaban, hal tersebut dikatakan Ketua Presidium KOBAR GB Aceh, Sayuthi Aulia.

Menurutnya kunci jawaban Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat diduga bocor menjelang pelaksanaan ujian yang beredar melalui pesan singkat di Aceh. Kunci jawaban yang beredar tersebut yaitu untuk mata ujian Bahasa Indonesia dan Matematika yang menurutnya diduga beredar dari kota Lhokseumawe.  

Sementara itu Anggota DPR RI Asal Aceh M. Nasir Jamil mengharapkan agar pengawas UN tidak hanya duduk diam didalam local, namun juga mengontrol gerak siswa yang sedang mengikuti UN. Nasir mengakui adanya jawaban UN yang beredar melalui pesan elektronik di Aceh, namun ia mengatakan jawaban tersebut merupakan jawaban UN tahun lalu, yang diedarkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Sementara itu bidang studi yang diujikan kepada para peserta yaitu pada hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua Bahasa Inggris, selanjutnya Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan jumlah peserta UN yang terdaftar di seluruh Aceh sebanyak 62.028 orang, SMP Terbuka 483 orang, SMP Luar Biasa 61 orang dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 21.061 orang.  

http://radioantero.net/savedeposit/audio/maret 10/100330_fikri_Kebocoran UN di Aceh.MP3