Irwandi Menjamin Keselamatan Teroris

Gubernur Provinsi Aceh, Irwandi Yusuf menyatakan Pemerintah Aceh siap memfasilitasi niat baik sejumlah teroris untuk menyerahkan diri kepada pihak kepolisian, bahkan Irwandi siap menjadi mediator.

Irwandi mengatakan pemerintah menjamin mereka akan diperlakukan secara manusia jika segera menyerahkan diri, Irwandi mengingatkan kepada para buronan untuk segera menyerahkan diri sebelum terlambat, karena hingga saat ini aparat keamanan terus memburu keberadaan mereka.

“Bahwa syarat yang mereka minta untuk tidak dianiaya oleh polisi, memang itu sewajarnya polisi tidak ada dalam SOP untuk menganiayai tahanan, bahwa mereka meminta untuk diperlakukan secara manusiawi, ya hukum dibuat agar manusia diperlakukan secara manusiawi, kalau sebelumnya pemerintah Aceh siap kenapa sekarang nggak siap?”

Sebelumnya ketua FPI Aceh, Yusuf Qardawi mengatakan dari hasil pembicaraannya dengan salah seorang buronan Taufik alias Abu Sayyaf terungkap keinginan dari sejumlah tersangka teroris tersebut untuk menyerahkan diri, namun mereka mengajukan beberapa syarat. Syarat pertama, aparat keamanan diminta tidak menyakiti mereka yang menyerah selama dalam tahanan.

Kedua, keluarga diberi akses untuk menjenguk setiap saat atau seperlunya. Syarat ketiga, tidak ditahan di luar Aceh, karena keluarga kelompok ini adalah orang miskin dan tidak punya biaya untuk menjenguk ke luar Aceh.

http://radioantero.net/savedeposit/audio/maret 10/100329_SALMAN_TERORIS MENYERAH BERSYARAT.MP3

Author: Salman Iqbal
Positon: Reporter


 

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads