Tarian Aceh Telah Banyak Berubah

0
72
Tarian Asal Aceh belum diletarikan oleh masyarakat Aceh namun badan PBB yang bergerak dibidang kebudayaan dunia, UNESCO telah mengakui Tari Saman sebagai satu-satunya tari yang ada didunia, hal tersebut dikatakan Asri Kusuma, Budayawan Aceh saat berbicara pada seminar “menggali tarian Aceh” di Anjong mon mata, Banda Aceh.
 
Asri mengatakan perhatian pemerintah dibidang kebudayaan masih kurang, terutama kepada budayawan-budayawan Aceh yang telah memperkenalkan budaya aceh ke luar negeri, akibatnya generasi muda enggan untuk mendalami kebudayaan Aceh dewasa ini.
Sementara itu hal senada juga dikatan Ihsan Nasution, salah seorang pegiat seni era 60 a yang mengaku tarian Aceh sudah banyak yang diubah dan ditambahkan sehingga keasliannya sudah mulai memudar, menurutnya itu karena tidak banyaknya kaum muda Aceh yang mendalami seni tersebut.
 
Ihsan mencontohkan tari ranup lampuan, yang dulunya digunakan untuk menyambut tamu didalam rumah pada pesta pernikahan, tapi sekarang tarian tersebut justru dilangsungkan dipertengahan jalan atau didepan rumah serta mulai dipadukan dengan alat-alat band sehingga menghilangkan kultur aslinya.
 
http://radioantero.net/savedeposit/audio/maret 10/100315_fikri_tarian aceh telah banyak berubah.mp3
 

Author: Rizal Fikri

Positon: Reporter 
 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.