Provinsi Aceh Deflasi 0,08 Persen

Kota Lhokseumawe mengalami deflasi sebesar 0,23 persen pada bulan februari 2010 sedangkan kota Banda Aceh terjadi inflasi sebesar 0.07 persen sehingga secara nasional Provinsi aceh mengalami deflasi 0,08 persen.

Inflasi dikota Banda Aceh secara umum disebabkan oleh kenaikan pada harga kelompok bahan makanan dengan inflasi 0,09 persen. Adapun beberapa komoditi yang memberikan andil tinggi terhadap terjadinya inflasi pada bulan februari antara lain ikan tongkol, beras dan salak.

Kepala Badan Pusat Statistik Aceh, Syeh Suhaimin mengatakan hal tersebut telah menyebabkan laju inflasi kota Banda Aceh sebesar 0,06 persen sedangkan kota Lhokseumawe minus 0,02 persen dan untuk provinsi Aceh sebesar 1,14 persen.

Suhaimin menambahkan, beberpa komoditas juga mengalami penurunan harga seperti ikan kembung, jeruk dan emas perhiasa, lebih lanjut suhaimin menambahkan perkembangan inflasi di pulau pulau sumatera, tercatat 12 kota mengalami inflasi dan 4 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di tanjung pinang dan terendah terjadi dikota Banda Aceh. Sedangakan deflasi tertinggi terjadi di padang sidempuan dan terendah terjadi di kota Lhokseumawe.

http://radioantero.net/savedeposit/audio/maret 10/100301_SALMAN_INFLASI FEBRUARI.mp3

Author: Salman Iqbal
Positon: Reporter
 

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads