Angin Kencang Landa 9 Kecamatan di Aceh Utara, Puluhan Rumah Rusak

Dampak angin puting beliung/detik

Hujan disertai angin kencang melanda 9 kecamatan di Aceh Utara, Aceh. Puluhan rumah warga rusak dan roboh.

“Ada puluhan rumah yang rusak dengan katerogi berat, sedang dan ringan. Terparah, ada rumah yang juga roboh salah satunya di Desa Pulo Rungkom, Kecamatan Dewantara. Saat ini sedang kita tinjau dan salurkan bantuan massa panik,” kata Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf atau akrab disapa Sidom Peng kepada detikcom, Sabtu (10/9/2019).

Sidom Peng menyebut 9 kecamatan itu terbagi dua titik yakni wilayah barat dan timur Aceh Timur. Untuk wilayah barat terdapat di Kecamatan Dewantara, Sawang dan Banda Baro. Terparah, terjadi di Dewantara karena ada puluhan rumah rusak.

Kemudian, di wilayah timur ada di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Samudera, Lhoksukon, Tanah Pasir, Meurah Mulia dan Syamtalira Aron. Saat ini, petugas masih berada di lapangan untuk mendata lebih lanjut jumlah pasti korban akibat angin kencang yang terjadi pada Jumat (9/9) sore hingga malam hari.

“Kita sudah meninjau ke lokasi. Kita sudah berikan bantuan massa panik. Untuk rumah yang roboh, setelah kita data lebih lanjut nanti akan kita cari jalan keluar untuk membantu bangun kembali,” sebut Sidom Peng.

Pantauan detikcom di lokasi rumah roboh di Desa Pulo Rungkom, Kecamatan Dewantara, rumah milik M. Nasir (44) hancur rata dihempas angin kencang. Syukurnya, mereka sempat menyelamatkan diri sehingga tidak tertimpa rumah berkonstruksi kayu.

Setelah itu, mereka terpaksa mengungsi di tenda darurat milik BPBD Aceh Utara. Saat ini, rumahnya sedang dibuat kembali oleh swadaya masyarakat dan tim gabungan dinas terkait dan pihak TNI. detik