3.025 Peserta SBMPTN Diterima di Unsyiah

Sebanyak 3.025 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2019 dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh.

Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Selasa, menyebutkan dari jumlah peserta SBMPTN yang lulus sebanyak 1.785 orang lulus di bidang Sain dan Teknologi (Saintek) dan 1.240 orang lulus di bidang Sosial dan Humaniora (Soshum).

“Mereka yang diterima tahun 2019 tersebut tersebar di 12 Fakultas yang ada di Unsyiah,” katanya.

Menurut dia dari jumlah total yang diterima melalui jalur SBMPTN di universitas “Jantong Hatee” rakyat Aceh itu, sebanyak 950 orang diantaranya adalah penerima beasiswa Bidikmisi.

Prof. Samsul mengatakan, untuk tahun ini ada dua program studi Unsyiah masuk dalam sepuluh prodi saintek dengan keketatan tertinggi secara nasional yakni Farmasi di posisi keempat dan Pendidikan Dokter Gigi di posisi ketujuh.

Menurut dia, masuknya dua prodi tersebut menunjukkan kualitas Unsyiah semakin diperhitungkan di tingkat nasional dan berhasil mengungguli beberapa universitas ternama di Indonesia.

Pengumuman hasil SBMPTN dapat dilihat melalui laman http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau www.sbmptn.unsyiah.ac.id. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SBMPTN, dapat mengikuti beberapa tahapan penting, seperti pengisian biodata Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB), Orientasi Sistem Informasi Kampus (Osimpus), tes kesehatan, pemotretan kartu mahasiswa, kelas perpustakaan, dan juga verifikasi data akademik lainnya.

“Setiap tahapan harus diikuti oleh mahasiswa baru, untuk itu kita meminta mereka untuk melihat jadwalnya di website www.unsyiah.ac.id dan media sosial Unsyiah,” katanya.

Rektor juga mengingatkan, bagi peserta yang tidak lulus jalur seleksi SBMPTN, masih dapat mengikuti tahap Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN-BARAT). Pendaftaran SMMPTN BARAT dapat dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ hingga tanggal 16 Juli 2019.

Ia menambahkan calon peserta harus terlebih dahulu mendapatkan Kode Pembayaran dan PIN melalui bank Mandiri, BNI, atau BTN hingga batas waktu 12 Juli 2019.

“Ini merupakan jalur terakhir penerimaan mahasiswa baru Unsyiah untuk jenjang sarjana. Dijadwalkan ujian tulis SMMPTN Barat akan berlangsung pada Kamis, 18 Juli 2019 dan ujian keterampilan pada Jumat-Sabtu, 19-20 Juli 2019,” katanya.

Ia juga berharap bagi yang kurang beruntung di SBMPTN dapat memanfaatkan kesempatan di SMMPTN Barat dan segala informasi penerimaan jalur tersebut dapat diakses di website www.smmptnbarat.id”.

Prof. Samsul menambahkan Unsyiah juga telah melakukan seleksi wawancara calon mahasiswa baru dari jalur prestasi. Jalur ini dikhususkan bagi peserta yang memiliki prestasi di bidang olahraga, seni, hafiz dan MTQ, serta bidang sains. Pengumuman kelulusan akan diumumkan di website Unsyiah pada 12 Juli nanti. antara

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads