Kemenag Aceh Canangkan Program PAK Guru dan Ujian Berbasis Online

Dalam rangka meningkatkan akses dan mutu serta relevansi pendidikan tahun pelajaran 2019/2020, Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui Bidang Pendidikan Madrasah terus melakukan pembenahan dalam peningkatan mutu pendidikan.

Untuk peningkatan mutu tersebut, Kemenag Aceh mencanangkan Program Aplikasi Penilaian Kinerja Penilaian Angka Kredit (PAK) guru secara online dan ujian berbasis online untuk seluruh siswa Madrasah tingkat MI, MTs dan MA dengan soal berstandar hasil Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten/Kota berdasarkan kurikulum yang ada.

“Harapan kita kedua program ini agar sepecatnya mendapat persetujuan dari Dirjen Pendis di Jakarta, kemudian kita luncurkan dan terapkan di Aceh,” ujar Kabid Penmad H.M. Idris SAg, M.Pd, di Banda Aceh, Kamis (13/6).

Menurut Idris, Program ini akan dengan mudah mengukur hasil kerja guru “Para guru harus berkomitmen untuk meningkatkan kinerjanya dalam membangun mutu pendidikan.Apalagi Aceh menduduki peringkat 20 ke bawah dalam rentang pendidikan,” jelasnya.

Ia juga mengharapkan guru untuk berempati membuka diri, merubah mindset (rasa empati, rasa kasih sayang, rasa untuk mengayomi ) dalam mentranfer ilmu kepada peserta didik.

“Untuk mewujudkan hal ini, guru harus mampu memaknai pembelajaran, serta menjadikan pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas pribadi peserta didik,” tambahnya.

Sekarang ini minat masyarakat begitu tinggi untuk menyekolahkan anaknya ke Madrasah, justru itu menjadi tanggung jawab kita untuk menjadikan madrasah ke depan lebih baik dan lulusannya punya mutu yang berkualitas dan daya saing yang mumpuni, sebut Idris.