Diterjang Angin Kencang, Rumah di 4 Kecamatan Aceh Utara Rusak

Foto : Istimewa

Hujan deras disertai angin kencang sempat melanda empat kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Sejumlah rumah dan satu unit kantor kepala desa pun ikut rusak.

“Betul. Ada sejumlah rumah warga rusak akibat terjangan angin kencang di empat kecamatan. Saat ini, petugas sedang mendata semua korban di lapangan baik yang rusak berat maupun rusak ringan,” kata Kalak BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah dikonfirmasi detikcom, Selasa (11/6/2019).

Keempat kecamatan yang diterjang angin kencang tersebut yakni Kecamatan Seunudon, Simpang Keuramat, Baktiya Barat dan Tanah Jambo Aye. Untuk sementara, petugas baru berhasil mendata para korban di dua kecamatan yakni Seunudon dan Simpang Keuramat.

“Baru kecamatan Seunudon dan Simpang Keuramat yang berhasil kita data. Dua lainnya sedang diproses oleh petugas. Untuk kecamatan Seunudon, terparah terjadi di Desa Matang Anoe dan Cot Kafiraton dan Matang Jeulikat. Di sana ada 8 rumah warga yang rusak,” sebut Amir.

Sementara di Simpang Keuramat, terdapat di Desa Alue Badee dan Desa Keude Simpang IV. Di kecamatan ini, selain rumah warga, satu unit kantor kepala desa (kades) ikut rusak akibat pohon tumbang menimpa atapnya. Termasuk, toko milik warga.

Menurut Amir, kejadian itu terjadi pada Senin (10/6) sore. Saat itu, hujan mengguyur nyaris seluruh kecamatan di Aceh Utara. Namun, empat kecamatan tersebut disertai angin kencang hingga merusak rumah warga. Tidak menutup kemungkinan sebagian warga juga ada terpaksa harus mengungsi. detik