BI Gelar Kajian Peningkatan Peran Masjid Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Masjid Al-Makmur Banda Aceh/diliputnews

Bank Indonesia Perwakilan Aceh kembali menggelar kegiatan Tabligh Ramadhan edukasi ekonomi dan keuangan syariah dengan tema “Peningkatan peran masjid dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat”.

Kegiatan berlangsung di Masjid Agung Al-Makmur Lamprik Banda Aceh, Sabtu (18/05), menghadirkan pemateri Ustadz Valentino Dinsi yang merupakan pendiri Majelis Taklim Wirausaha dan Penulis Buku Masjid Mandiri.

Dalam paparannya dengan tema “Membangun ekonomi umat berbasis masjid”, Ustadz Valentino menjelaskan mengapa harus masjid yang menjadi salah satu pusat pemberdayaan ekonomi umat. Diantaranya kata dia, karena Rasulullah membangun umat memulainya dari masjid, selanjutnya di Indonesia terdapat 850 ribu masjid dan mushalla serta jumlah penduduk muslim yang mencapai 254 juta jiwa.

Selain itu kata Ustadz Valentino, ada empat modal utama untuk mendukung pembangunan ekonomi umat dari masjid, pertama jumlah penduduk muslim Indonesia yang encapai 87,3 persen, adanya ikatan emosional dan spiritual sebagai imbas dari aksi 212, kemudian umat saat ini telah mendengar dan taat kepada ulama, habaib, ustadz dan tokoh umat lainnya.

“Serta momentum kebangkitan umat pasca 212 dan pasca Pilpres 2019,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan pojok baca beserta buku kepada masjid Agung Al-Makmur Banda Aceh oleh Bank Indonesia Perwakilan Aceh.