PDIP dan NasDem Gagal Dapat Kursi DPR RI di Aceh

Plt Gubernur Aceh menggunakan hak pilih

Sebanyak 13 caleg DPR RI dari tujuh partai politik diprediksi melenggang ke Senayan. Sementara dua partai, yaitu NasDem dan PDIP, gagal mempertahankan kursinya dari daerah pemilihan (dapil) Aceh.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh sudah mengumumkan hasil perolehan suara partai dalam rapat pleno rekapitulasi di gedung DPR Aceh, Senin (13/5/2019). Komisioner KIP Munawarsyah membacakan hasil dari dua dapil untuk pemilihan DPR RI.

Baca juga: 8 Caleg DIY Lolos ke Senayan, Roy Suryo dan Mbak Titiek Gagal

Hasil yang diumumkan KIP hanya suara partai dan gabungan suara yang diperoleh seluruh caleg dalam satu partai. Sementara nama-nama caleg yang lolos ke Senayan akan diumumkan dan ditetapkan oleh KPU Pusat.

“Untuk caleg yang lolos atau mendapatkan kursi nanti ditetapkan oleh KPU Pusat. Kita rencana Selasa ke Jakarta untuk ikut pleno nasional,” kata Komisioner KIP Aceh Agusni kepada wartawan.

Baca juga: Demokrat Gagal Raih Kursi DPR RI dari Dapil Jatim VI, PDIP Bertahan 3 Kursi

Berdasarkan informasi diperoleh detikcom, 13 caleg yang akan duduk di Senayan berasal dari tujuh partai, yaitu PAN, Golkar, Demokrat, Gerindra, PPP, PKB, dan PKS. Partai-partai ini meraup suara terbanyak baik di dapil I maupun II.

Enam partai selain PAN memperoleh dua kursi dari dua dapil. Sedangkan PAN hanya mendapat kursi dari dapil I.

Berikut ini prediksi perolehan kursi DPR RI dari dapil I:

– Nazaruddin Dekgam (PAN/93.353 suara badan).
– Salim Fakhry (Golkar/63.267 suara).
– T Riefky Harsya (Demokrat/128.906 suara)
– Fadhlullah (Gerindra/48.930 suara)
– Rafli (PKS/36.595 suara).
– Illiza Sa’aduddin Djamal (PPP/ 31.964 suara).
– Irmawan (PKB/57.289 suara).

Dapil 2
– TA Khalid (Gerindra/71.646 suara badan).
– Muslim (Demokrat/56.024 suara).
– Anwar Idris (PPP/35.843 suara).
– Nasir Djamil (PKS/55.691).
– Ruslan M Daud (PKB/40.189 suara).
– Ilham Pangestu (Golkar/39.719 suara).

Dari data tersebut, enam caleg merupakan wajah baru. Tiga orang berasal dari dapil Aceh I, yaitu presiden klub sepakbola Persiraja Nazaruddin Dek Gam (PAN), anggota DPD RI periode 2014-2019 Rafly (PKS), dan mantan Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal (PPP).

Sedangkan wajah baru di dapil II adalah mantan Bupati Bireuen, Ruslan M Daud (PKB), Ilham Pangestu (Partai Golkar), dan TA Khalid (Partai Gerindra), Ketua DPD Partai Gerindra Aceh yang juga mantan calon wakil gubernur Aceh pada Pilkada serentak 2017.

Sementara tujuh lainnya merupakan petahana. Khusus T Riefky Harsya dan Nasir Djamil ini periode keempat mereka duduk sebagai anggota DPR RI.

Gagal Pertahankan Kursi

Berdasarkan perolehan suara partai yang dirilis KIP, Partai NasDem dan PDIP diprediksi tidak mendapatkan kursi. Padahal, pada Pemilu 2014, NasDem memperoleh dua kursi dan PDIP satu kursi.

PDIP saat itu diwakili oleh Tagore Abubakar setelah berhasil meraup suara terbanyak di dapil II Aceh.

Sedangkan NasDem dari dapil I diwakili oleh Prof Bachtiar Aly dan dapil II oleh Zulfan Lindan.

Untuk Pileg 2019, PDIP di dapil I hanya memperoleh 25.499 suara dan di dapil II sebanyak 85.882 suara. Sementara Partai NasDem di dapil I meraup 90.445 suara dan di dapil II mengantongi 86.564 suara.

detik